Menu

Purna Tugas Pamtas RI-Malaysia, Pangdam Sambut 450 Prajurit Yonif 133/YS

  Dibaca : 149 kali
Purna Tugas Pamtas RI-Malaysia, Pangdam Sambut 450 Prajurit Yonif 133/YS
PENGALUNGAN BUNGA— Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Irwansyah melakukan pengalungan bunga saat menyambut kepulangan prajurit Yonif 133/YS.

SUDIRMAN, METRO
Pangdam/I Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Irwansyah pimpin upacara penyambutan kepulangan 450 prajurit satgas Yonif 133/Yuda Sakti Purna Tugas Pamtas RI-Malaysia pada Jumat (25/9) di Kesatria Yonif 133 Air Tawar, Padang.

Penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa bangga sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta penghargaan komando kepada prajurit satgas Yonif 133/Yudha Sakti yang telah selesai melaksanakan tugas secara profesional dalam menjaga integritas NKRI.

“Kita sadari ancaman dan berbagai aksi yang mengganggu keamanan perbatasan. Pasukan Pamtas ini telah melakukan pembinaan teritorial dan sekaligus sebagai representasi kehadiran pemerintah di wilayah perbatasan darat republik Indonesia dan Malaysia,” kata Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Irwansyah yang didampingi Danrem 032/Wirabraja Brigjen Inf Arief Gajah Mada usai menyambut prajurit Yonif 133/YS dengan upacara serta pengalungan bunga oleh Pangdam I/BB di kesatria Batalyon Yonif 133 Yudha Sakti.

Pangdam memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua prajurit yang telah menunaikan tugasnya dengan baik dan bertanggung-jawab. “Saya mengucapkan selamat datang kepada Satgas Yonif 133 dari daerah penugasan. Terima kasih yang sebesar-besarnya atas pelaksanaan tugas dalam menjaga integritas dan keutuhan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan bahwa, tugas pengamanan wilayah perbatasan merupakan tugas mulia. Sebab wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang bernilai strategis bagi kedaulatan negara.

“Terlebih tugas pengamanan wilayah perbatasan memiliki tingkat kerawanan dan resiko yang tinggi. Di antaranya menjaga agar lalu lintas orang sangat tertib agar tidak melewati jalur-jalur tikus. Kemudian juga mencegah terjadinya penyelundupan barang-barang ilegal,” tandasnya.

Pangdam menegaskan, pada kesempatan yang baik ini, ia atas nama Komando dan pribadi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Satgas Yonif 133/YS.

“Selama kurang lebih sepuluh bulan, telah melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat Republik Indonesia dan Malaysia dengan sukses dan penuh rasa tanggung jawab,” imbuhnya.

Di sisi lain, kata Pangdam, untuk para prajurit Yonif 133/Yudha Sakti dan seluruh anggota persit beberapa penekanan yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas kedepan. Yaitu, sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi sudah sedemikian pesatnya, agar lebih cerdas dan bijaksana dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut.

“Manfaatkan aplikasi media sosial untuk hal-hal yang positif serta selalu patuhi anjuran pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19, dengan menerapkan social dan physical distancing maupun pola hidup sehat untuk senantiasa gunakan masker, jaga jarak, hindari tempat keramaian dan jaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan,” pungkasnya.

Tampak hadir pada acara tersebut Gubernur Sumbar, Danrem 032/WBR, para Dandim di bawah jajaran Korem 032/ Wbr, pejabat Forkopimda Sumbar, Asintel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB dan Danyonif 133/YS. Seperti diketahui, sebanyak 450 orang prajurit telah kembali dari tugas, menjaga perbatasan indonesia dengan negara-negara tetangga seperti, Malaysia dan Timur-Timur. (cr1)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional