Menu

Pura-Pura jadi Tukang Raok, Residivis Jambret Sikat HP Pemilik Rumah

  Dibaca : 984 kali
Pura-Pura jadi Tukang Raok, Residivis Jambret Sikat HP Pemilik Rumah
Penyerahan DSP BNPB dari Sestama BNPB, Harmensyah bersama Anggota DPR RI, Asli Chaidir kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno disaksikan Kepala BPBD Sumbar, Erman Rahman dan Asisten II Setdaprov Sumbar, Benny Warlis dan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB, Jarwansah.

jambret bermotor

SIJUNJUNG, METRO–Tergiur melihat handphone yang ditinggal pemilik rumah dalam kamar, seroang tukang raok—pengumpul barang-barang bekas, nekat memasuki rumah milik Eka (40), warga Jorong Pematang Sari Bulan, Nagari Muaro, Sijunjung, Selasa (19/4) pagi. Sial, meski sudah berhasil mengambil HP, saat hendak kabur pemilik rumah curiga dengan suara gaduh di belakang rumah.

”Saya tengah berada di bagian depan rumah dan kaget ketika mendengan bunyi seperti orang melompat. Saat itu saya berlari ke kamar dan melihat sesosok pria berlari di belakang rumah. KEtika itu saya baru sadar, HP yang diletakkan dekat kipas angin sudah tidak ada lagi,” ungkap Eka.
Korban langsung berteriak minta tolong kepada warga yang kebetulan masih ramai karena berdekatan dengan Taman Kanak-kanak (TK). Awalnya korban dan warga sempat kehilangan jejak pelaku karena pelaku menyamar jadi tukang cari barang bekas.

Beruntung, seorang periwira polisi yang ada tinggal di dekat rumah korban ikut membantu mencari. Berselang 30 menit, perwira tersebut melihat seorang pemuda sedang mencari barang rongsokan sambil membawa karung sekitar 100 meter dari lokasi kejadian.

Karena curiga, polisi bernama Iptu Elwis ini mendekati pemuda tersebut dan bertanya sedang apa. Lalu pemuda (pelaku, red) menjawab, bahwa ia sedang mencari tempat sampah untuk mengumpulkan barang bekas. Karena curiga, Iptu Elwis menginterogasi si pemuda tersebut.

Awalnya pelaku mengelak dan tidak tahu soal kejadian. Pelaku juga mengelak kalau dirinya sudah mencuri. Melihat gelagat pelaku yang mencurigakan tersebut, perwira tersebut menghubungi Polres Sijunjung untuk memeriksa pelaku yang diketahui bernama Wisnu Saputra (23).

Barulah setelah beberapa petugas menginterogasi pelaku di lokasi, pelaku mengaku kalau ia telah mencuri di rumah korban bernama Eka. “Saya menyembunyikan HP itu di semak-semak biar tak ketahuan,” sebut pelaku kepada polisi.

Pemuda ini mengaku, ia mulanya ingin mencari barang bekas. Sesampai di belakang rumah korban, tank sengaja ia melihat ada HP dalam kamar.
“Ketika itulah timbul niat saya untuk mencuri HP tersebut,” sebut Wisnu.
Hasil pemeriksaan aparat, rupanya Wisnu sudah dua kali mendekam dalam penjara itu, akhirnya berhasil memasuki rumah korban dengan cara memanjat pagar dan langsung menuju kamar korban dengan niat mengambil HP.

“Pelaku merupakan residivis dan sudah lebih dari satu kali melakukan kejahatan. Sekarang, pelaku sudah ditahan di Mapolres,” ungkap Kasat Reskrim Polres Sijunjung Iptu Chairul Rida didampingi Kanit 4 Ipda Boiman.
Tahun 2012, pelaku pernah tertangkap tangan setelah melakukan aksi jambret di Kota Solok.

Akibat perbuatannya pelaku dihukum 10 bulan penjara. Tahun 2014, pelaku kembali ditangkap karena mencuri uang sebesar Rp 1,5 juta di salah satu motor yang sedang parkir di Kota Solok. Pemuda ini dijebloskan ke penjara selama 2,5 tahun. (cr1)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional