Menu

Puncak HKN ke 54, Lismawati: Keluarga Inti Pembangunan Kesehatan

  Dibaca : 46 kali
Puncak HKN ke 54, Lismawati: Keluarga Inti Pembangunan Kesehatan
FOTO BERSAMA—Direktur RSUD Padangpariaman Lismawati pakai kerudung biru foto bersama Wabup dalam acara kesehatan

PDGPARIAMAN, METRO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangpariaman di Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung peringati Harii Kesehatan Dunia (HKN) ke 54 tahun 2018.

“Berbagai jenis kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan telah kita siapkan. Adapun acara puncak dari HKN dilaksanakan tanggal 12 November 2018 dengan hadiah doorprize,” kata Direktur RSUD Padangpariaman Lismawati, kemarin.

Katanya, puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kabupaten Padangpariaman di tandai dengan pelaksanaan donor darah, senam masal, lauching program Padangpariaman antar jemput pasien rawat inap (papa anjap), edukasi kesehatan, cek gula darah, konsultasi kesehatan, pengukuran tekanan darah dan jenis lainnya.

Lismawati menyatakan, kemeriahan peringatan hari HKN ke – 54 dengan tema aku cinta sehat RSUD Padangpariaman tahun 2018 juga ada lomba petugas teladan antar ruangan, tenis meja, inovasi dan kebersihan antar ruangan, balap karung antar ruangan, tangkelek antar ruangan, cuci tangan kreatif antar ruangan dan lagu minang antar ruangan.

Dikatakan, pada tanggal 12 November setiap tahunnya, menjadi momentum untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia dan begitu juga di Kabupaten Padangpariaman agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit.

Lebih jauh dikatakan, lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. Karena itu, upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai dengan UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. Apalagi guna mendukung program tersebut, Kemenkes telah mengeluarkan Permenkes Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambunganyang berfokus pada data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional