Close

Puluhan Wirausahawan Milenial Dilatih jadi Barbershop

PELATIHAN— Puluhan pemuda wirausahawan milenial Kota Bukittinggi dilatih Barbershop yang digelar Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPMPTSPPTK).

BUKITTINGGI, METRO–Sebanyak 32 pemuda wirausahawan dari kaum milenial Kota Bukittinggi dan sekitarnya mengikuti pelatihan Barbershop atau potong rambut yang digelar Pemko Bukittinggi melalui OPD Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPMP­TSPPTK).

Pemko bekerjasama dengan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh dan secara resmi menggelar kegiatan itu di aula Ma ll Pelayanan Publik, Belakang Balok, Senin (20/6).

Ketua Panitia Pelatihan Barbershop, Patrianus Sya­hid menyebutkan,  agen­da yang dibiayai APBD Sumbar ini merupakan perwujudan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.  Salah satu program unggulan Pemprov Sumbar saat ini yaitu menciptakan milenial entrepenur sebanyak 100.000 orang sampai ta­hun 2024 mendatang.

“Kota Bukittinggi dipilih karena sebagai kota wisata sangat cocok untuk milenial berwirausaha, Permenaker 8/2014 menyebut ada standar mata pelajaran yang harus dicapai selama 160 jam pertemuan,” ujar Patrianus Syahid.

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSPPTK Bukittinggi Risma Novarina me­ngucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar melalui UPTD BLK Payakumbuh yang sudah menganggarkan pendanaan untuk bisa digelarnya kegiatan ini.  “Ini kesempatan langka, terutama melewati dua tahun pandemi Covid-19, Kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata dibatasi orang datang, banyak usaha yang tutup, tahun ini instruksi Presiden sudah ada pelonggaran, termasuk boleh berkegiatan di luar ruang tanpa memakai mas­ker,” jelas Risma.

Risma menyebutkan, pelatihan barbershop ini sejalan dengan program prioritas Kota Bukittinggi, yaitu menciptakan Bukittinggi Hebat, terutama program hebat dalam sektor ekonomi kerakyatan. “Mo­dal untuk buka usaha barbershop, tidak mahal, dulu, di bawah batang pohon sudah bisa buka lapak potong rambut, sekarang, bisa dilakukan dimana saja, dengan dukungan teknologi informasi, gang ingin tampil gaya hari ini tidak lagi hanya kaum ibu, tapi juga kaum pria,” ucap Risma. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top