Menu

Puluhan Warga Belakang Pondok Antusias Periksa Kanker Serviks

  Dibaca : 150 kali
Puluhan Warga Belakang Pondok Antusias Periksa Kanker Serviks
PEMERIKSAAN IV A— Puluhan warga Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Selasa (9/3) menjalani pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) atau deteksi dini kanker serviks.

PONDOK, METRO
Puluhan warga Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Selasa (9/3) menjalani pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA). Pemeriksaan dilakukan atas prakarsa Lurah Belakang Pondok Aidil Zulhani, tokoh masyarakat Datuk Jamalus. Doni R, dan para ibu ibu di kelurahan tersebut.

Melibatkan tim medis Puskesmas, warga terlihat antusias mengikuti pemeriksaan di Panti Asuhan Az Zahra Jannah, Atom Matahi Shoping Center (ATS).

“Alhamdulillah, warga Belakang Pondok cukup antusias mengikutinya. Lihat saja, dari antara mereka juga ada beberapa karyawan salon,” ujar Aidil Zulhani didampingi Datuk Jamalu dan Doni R kepada POSMETRO.

Dikatakan Aidil, sebenarnya kegiatan ini merupakan persiapan untuk perlombaan se-Kota Padang. Berhubung kelurahan Belakang Pondok mewakili untuk Kecamatan Padang Selatan.

Namun demikian, kegiatan ini akan kita jadikan kegiatan rutin nantinya. Sebab pemeriksaan IVA ini sangat pentiung bagi kaum wanita. “Pemeriksaan IVA ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, khususnya kaum wanita,” sebut Aidil.

Ditambahkan Datuk Jamalus yang juga pengelola Panti Asuhan Az Azahra Jannah ini, pemeriksaan IVA penting dan perlu diketahui oleh kaum wanita. “IVA ini merupakan salah satu cara untuk melakukan deteksi dini kanker serviks. Dan, juga untuk mengantisipasi penyakit kelamin,” sebut Datuk Jamalus.

Sementara dr Desi mengaku bahwa pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh.

“Pemeriksaan IVA dilakukan dengan meneteskan asam asetat (asam cuka) pada permukaan mulut rahim,” sebutnya. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional