Close

Puluhan Tahun Menjerit Rusak Parah, Jalan Sungai Angek akhirnya Diaspal

SERAH TERIMA— Anggota DPRD Agam Doddi, Dinas PU Agam, Konsultan pengawas serta perangkat Nagari Simarasok, Kecamatan Baso usai pelaksanaan serah terima lapangan pengaspalan jalan Simpang Tigo Sungai Angek-Bukik Kacang Lapau Serikat.

AGAM, METRO–Puluhan tahun masya­rakat Dulang Panta Jorong Sungai Angek menjerit akibat kondisi akses jalan utama sebagai penunjang kehidupan ekonomi ma­sya­rakat setempat rusak pa­rah dengan kondisi berlubang, barbatu (kerikil) sehingga membahayakan bagi punggana jalan.

Upaya dan impian ma­syarakat untuk pengaspalan jalan tersebut sepertinya akan terealisasi dalam tahun ini setelah pengusul pengaspalan jalan dalam hal ini anggota DPRD Kabupaten Agam melakukan serah terima dengan kontraktor pengerjaan jalan, Rabu (20/7).

Pada saat serah terima lapangan, dihadiri langsung oleh Doddi ST.MH anggota DPRD Kabupaten Agam sekaligus pengusul, Dinas Pekerjaan Umum Kab Agam, konsultan pengawas, Wali Nagari Simarasok dan Perangkat nagari, pihak kontraktor serta Tokoh Masyarakat Setempat.

Dengan akan berjalannya proses pengaspalan jalan ini antusias warga menyambut rombongan begitu besar mengingat tingginya harapan ma­syarakat untuk di lakukan pelaksanaan pengaspalan jalan ini.

“Sudah lama kita me­rasakan sussahnya berjalan karena jalan yang tidak bagus ini. Alhamdulilah, jalan kita ini akan diaspal bagus. Sangat bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih banyak buat semuanya,”ungkap salah seorang warga.

Sementara itu Dt. Sipado Maruhun, selaku Niniak Mamak beserta beberapa niniak mamak yang lainnya serta tokoh masyarakat Sungai Angek saat di temui mengungkapkan kesiapannya dalam proses pengawalan selaam proses pengerjaan jalan tersebut.

“Jika suatu hari ada kendala di lapangan saat pengaspalan, kami atas nama niniak mamak 6 Suku siap turun kelapangan untuk menyelesaikan pelaksanaan jalan terse­but,”ung­­kapnya.

Sementara itu, Wali Nagari Simarasok Muhammad Nurzen mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada anggota DPRD kabupaten Agam yang telah memperjuangkan kerja nyatanya sehingga aspirasi masyarakat membuahkan hasil.

“Kami atas nama Pemerintah Nagari Simarasok, serta perangkat, tokoh masyarakat, niniak mamak, cadiak pandai beserta bundo kandung seluruh lapisan masyarakat mengucapkan terima kasih yang tak terhinga kepada Pak Doddi, St, MH. Selaku Anggota DPRD Kab Agam beserta kepada Tim Kaba Simarasok yang telah membuktikan perjuangan kerja nyatanya sehingga  aspirasi masyarakat didengarkan dan membuahkan hasil yang manis,”ucapnya.

Terpisah, Doddi ST. MH Anggota DPRD Kabupaetn Agam mengungkapkan, sudah puluhan tahun ma­sya­rakat Dulang Panta Jo­rong Sungai Angek beserta seluruh masyarakat mengimpikan pengaspalan jalan ini.

“Ini merupakan jalan kabupaten penghubungkan antara Jorong Sungai Angek dan Koto Tuo, akhir­nya akan terealisasi pada bulan ini Tahun 2022. Sudah seharusnya jalan ini dilakukan perbaikan mengingat kondisi jalan yang  sangat pa­rah, berlubang, berkerikil dan longsor (rusak parah) sehinga membahayakan bagi pemakai jalan. Jalan ini sangat diperlukan bagi warga sebagai akses utama pe­nunjang kehidupan eko­no­mi masyara­kat,”ucap­nya.

Dikatakannya, ia sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan pemba­ha­san jalan ini dengan pemerintah khususnya Bappeda dan dinas PU sampai kekementrian ditambah dengan bantuan pemerintah Nagari , serta tokoh masyarakat setempat.

“Sokongan mereka semua, akhirnya perenca­naan jalan ini dapat terwujud dengan dilaksanakan pengaspalan jalan yang kita impikan bersa­ma,”ka­tanya.

Ia meminta semua pihak untuk terus mengawal proses ini agar hasil nya sesuai dengan harapan bersama. Diketahui, pelaksanaan aspal ini sepanjang jalan lebih kurang 2600 meter dengan angaran lebih kurang Rp 3 miliar.

“Semoga pekerjaan ini berlangsung dengan baik, aman, lancar dan tidak ada kendala dalam proses lahan maupun tanaman di atas lahan tersebut. Insyaallah kedepannya jalan ini berdaya guna, bermanfaat, mendapatkan hasil yang sangat baik dan dapat dinikmati dalam jangka waktu yang sangat la­ma,”pungkasnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top