Menu

Puluhan Tahun Memberikan Pelayanan di Jalan, Pak Ujang Burung Terima Penghargaan Polres Sijunjung

  Dibaca : 349 kali
Puluhan Tahun Memberikan Pelayanan di Jalan, Pak Ujang Burung Terima Penghargaan Polres Sijunjung
TERIMA PENGHARGAAN— Syafrudin alias Pak Ujang Burung (71), warga Padang Sibusuak, yang juga seorang bantuan polisi (banpol) bertugas mengatur kelancaran lalu lintas dan pengguna jalan secara sukarela, menerima penghargaan dari Polres Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO
Syafrudin alias Pak Ujang Burung (71), warga Padang Sibusuak, Kabupaten Sijunjung merupakan seorang bantuan polisi (banpol) yang kerap kali turun ke jalan mengatur kelancaran lalu lintas dan pengguna jalan secara sukarela, mendapat perhatian dari Polres Sijunjung.

Atas dedikasi dan kepeduliannya tanpa pamrih, melalui Kasat Lantas, Polres Sijunjung mengganjar lelaki tua itu dengan penghargaan. Pak Ujang dinilai telah membantu meringankan kerja Polri dalam mengatur lalu lintas.

Setiap harinya terutama pada jam sekolah, Pak Ujang turun kejalan atas kemauan sendiri. Mengatur lalu lintas pada jam sekolah agar para pelajar terhindar dari kecelakaan.

Tidak banyak yang tahu bahwa, Pak Ujang merupakan pensiunan pegawai negeri sipil dan pernah aktif pada organisasi Alkom Orari semasa dulunya. Biasanya, Pak Ujang akan mangkal di Jalinsum dekat SMKN 5 Sijunjung, mengatur arus lalu lintas dan pengguna jalan pada jam sibuk sekolah.

Meskipun tidak digaji untuk itu, ia tak enggan untuk berjemur dibawah panas terik matahari. Bahkan hawa panas dari aspal disiang bolong pun seakan tidak dihiraukan. Pak Ujang Burung tetap tekun dengan apa yang ia lakoni, memberikan pelayanan kepada masyarakat meski hari tua telah menghampiri.

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, melalui Kasat Lantas Iptu Ghanda Novidingrat mengatakan, Syafruddin alias Pak Ujang Burung dinilai begitu rajin melakoni pekerjaan ditengah siraman panas dan debu, ditambah kabut asap sepeda motor.

Bahkan, Pak Ujang menceritakan pernah hampir ditabrak pengguna kendaraan bermotor yang ugal-ugalan di jalan lintas sumatera. Namun, tetap saja jiwa mengayomi yang dimilikinya tak menyurutkan niat untuk menjadi seorang Banpol.

”Karena keterbatasan personel, Polri sangat membutuhkan bantuan masyarakat. Seperti halnya yang dilakoni Pak Ujang, agar tugas-tugas dalam melayani masyarakat bisa terwujud dengan maksimal,” ujar Kasatlantas Iptu Ghanda Novidiningrat.

Iptu Ghanda menambahkan, sebagai Kasatlantas, dirinya tidak menutup mata atas pengabdian yang diberikan Pak Ujang Burung. ”Atas nama Kapolres Sijunjung dan segenap jajaran Satlantas Polres Sijunjung mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pak Syafruddin atas dedikasi yang ditunjukkan selama ini dalam membantu tugas personel Satlantas,” ucapnya.

Pak Ujang Burung mengatakan, sudah puluhan tahun mengabdi sebagai Banpol. Dengan aktif membantu pihak kepolisian Resort Sijunjung di bidang lalu lintas tanpa mengharapkan imbalan dan penuh dengan kesabaran serta keikhlasan.

Meskipun kini ia mendapat penghargaan dari Polres Sijunjung, baginya itu bukanlah sebuah hal yang diduga, apalagi diharapkan. Karena mengatur lalu lintas dan melayani masyarakat dijalanan merupakan sebuah pengabdian yang tulus, tanpa diminta dan tidak mengharapkan apapun. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional