Menu

Puluhan Perguruan Silek di Padang Pariaman Dukung Nasrul Abit jadi Gubernur

  Dibaca : 95 kali
Puluhan Perguruan Silek di Padang Pariaman Dukung Nasrul Abit jadi Gubernur
BERDISKUSI— Cagub Sumbar Nasrul Abit, berdiskusi dengan Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman di rumah Makan Pondok Baselo Denai Saiyo, Selasa (10/11).

PADANG PARIAMAN, METRO
Dukungan untuk Nasrul Abit-Indra Catri terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari perguruan-perguruan silek di Padang Pariaman. Puluhan tuo silek dari berbagai perguruan Padang Pariaman menyatakan sikap mendukung pasangan nomor urut 2 untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur.

Dukungan disampaikan langsung oleh tuk silek di rumah makan Lamun Ombak, Batang Anai, Padang Pariaman, Selasa (10/11) malam.

Perwakilan tuo silek Padang Pariaman, Razali, mengatakan bahwa mereka akan meneruskan dukungan terhadap Nasrul Abit-Indra Catri kepada pesilat-pesilat atau murid mereka di semua sasaran atau gelanggang di kabupaten itu.

“Kami akan sampaikan kepada semua pesilat Padang Pariaman untuk memenangkan Nasrul Abit-Indra Catri,” katanya.

Menurutnya, Nasrul Abit sebagai ninik mamak sangat peduli terhadap seni tradisi yang selalu mereka kembangkan. Para tuo silek berharap ada perhatian khusus dari pemerintah provinsi terhadap perguruan silek di Padang Pariaman.

“Semoga dengan terpilihnya Pak Nasrul Abit nanti bantuan pemerintah provinsi bisa mengalir ke kami di Padang Pariaman ini,” ujarnya.

Sementara itu, Nasrul Abit mengatakan bahwa prioritas terhadap perguruan silek merupakan salah satu pesan dari Ketua Umum Gerindra yang juga Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto.

“Pesan Pak Prabowo itu soal ketahanan pangan, peduli masyarakat miskin, dan silek. Tentunya pesan ini akan kami jalankan sebaik-baiknya jika kami terpilih,” ucapnya di hadapan para tuo silek.

Pada kesempatan itu Nasrul Abit juga menyampaikan rencana pembangunan untuk Padang Pariaman, misalnya pembangunan stadion utama di Sikabu dan rencana pembangunan jalan pantai barat dari Padang melewati Padang Pariaman hingga Pasaman Barat.

“Padang Pariaman ini penyanggah Kota Padang. Pembangunannya harus sejalan,” tuturnya.

NA Diminta Buka Sekolah Kembali
Nasrul Abit, untuk kesekian kalinya mendapat permintaan dari warga untuk membuka kembali sekolah. Permintaan kali ini datang dari warga Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Padang, Selasa (10/11).

“Kami mohon kepada Bapak, bukalah sekolah, Pak. Kasihan anak-anak kami belajar online. Tidak efektif. Kalau belajar online, orang tua yang sekolah, Pak, bukan anak-anak,” ujar Berlian, Ketua Pemuda Ujung Gurun.

Ia bercerita bahwa hampir sembilan bulan anak-anak tidak efektif belajar dan sibuk dengan gadget. Tidak hanya itu, belajar daring (online) menambah pekerjaan baru ibu siswa.

“Kadang bukannya belajar, Pak, malah kadang anak-anak buka yang lain di handphone. Tentu tidak selamanya terpantau oleh kami,” katanya.

Berlian mengaku siap apabila sekolah dibuka kembali dengan syarat penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kan bisa di sekolah disediakan tempat cuci tangan, anak-anak pakai masker, jaga jarak, dan rutin cuci tangan,” ucapnya.

Untuk menjawab persoalan itu, Nasrul Abit mengatakan bahwa ia akan mengumpulkan ahli epidemiologi, semua direktur rumah sakit, dan ahli paru-paru untuk membahas persoalan itu. “Kami kaji dulu dan minta pandangan ahli untuk mengambil keputusan. Harus ada kajian mendalam, Pak,” katanya.

Sembari menunggu vaksin dari pemerintah, kata Nasrul Abit, kajian-kajian terus dilakukan. Mengenai belajar daring, ia mengatakan bahwa hanya 40 persen siswa yang serius belajar daring. “Di daerah zona hijau sekolah bisa dibuka. Di zona merah memang belum bisa dibuka kembali dan harus ada instruksi dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Nasru Abit juga menyampaikan perlu perbaikan data masyarakat miskin di Sumbar. Gunanya ialah agar bantuan untuk masyarakat masyarakat tepat sasaran. “Sekarang data kita masih kacau dan perlu diperbaiki. Data Dinas Pencatatan Sipil dan BPS harus sejalan,” ujarnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional