Close

Puluhan Perempuan Dilatih Keterampilan Merajut di Kota Sawahlunto

PELATIHAN— Afdal didampingi Kadis Koperindag Sawahlunto Muksis dan narasumber Nurhayani MH membuka pelatihan merajut di Rumah Kreatif Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Pemrintah kota dan legislatif terus berkolaborasi me­ningkatkan kesejahteraan ma­syarakat melalui pelatihan. Sehingga, melalui aspirasi dari masyarakat anggota parlemen melalui dana pokok po­kok pikirannya (Pokir) melaksanakan pelatihan untuk me­ningkatkan keterampilan ma­syarakat.

Hal itu menyusul, anggota DPRD Kota Sawahlunto H Af­dal dari Fraksi PKS melalui Pokirnya berdasarkan aspirasi masyarakat melaksanakan Pelatihan Rajut untuk me­ningkatkan kemampuan teknis IKM khususnya para pengrajin rajutan di Kota Sawahlunto, Selasa (9/11).

Pelatihan ini diikuti 20 orang peserta yang terdiri dari ang­katan pertama, 9-15 November 2021 dan angkatan kedua 16-23 November 2021 bertempat di Rumah Kreatif Sawah­lunto Lapangan Segitiga atau Lapseg. Pada umumnya peserta pelatihan merajut ini terdiri dari perempuan ibu rumah tangga.

Pada saat pembukaan pe­latihan Haji Afdal mengharapkan, dengan pelatihan ini da­pat menciptakan produk-pro­duk yang mempunyai nilai jual dan dapat meningkatkan pe­rekonomian masyarakat. Sebagai mitra kerja turut hadir Kepala Dinas Koperindag Kota Sawahlunto, Muksis. Ia me­ngucapkan terimakasih kepada Haji Afdal yang telah menginisiasi Pokok-Pokok Pikiran dari beliau untuk pembekalan pelatihan rajut ini.

Ia berharap, program ini dapat menjadi bekal untuk kemampuan pribadi dalam pe­latihan rajut untuk menciptakan produk-produk kreatif se­perti souvernir atau cinderamata di Kota Sawahlunto yang notabene adalah Kota Wisata.

Harapan selanjutnya, Muksis meminta, kepada generasi milenial untuk juga turut serta dalam pelatihan ini dan ia berpesan kepada peserta pelatihan agar serius mengikuti ke­giatan, karena program ini di­biayai oleh uang negara.

Hadir juga sebagai narasumber Nurhayani Mithos Horizon yang telah lama malang melintang di dunia rajut merajut dan telah menghasilkan produk-produk Hand Made atau buatan tangan seperti sepatu, tas, kopiah dan lain sebagainya yang berkualitas tinggi serta bernilai jual tinggi pula. (*/pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top