Close

Puluhan Mahasiswa PNP Dilatih Jurnalistik di Tengah Badai Hoaks

PELATIHAN— Mahasiswa PNP mengikuti pelatihan jurnalistik bertema “Jurnalistik di Tengah Badai Hoax, Minggu (21/11).

DOBI, METRO–Untuk memberikan pemahaman dunia jurnalistik serta menangkal informasi-hoaks, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Jempol Politeknik Ne­geri Padang (PNP) menggelar pelatihan jurnalistik dengan tema “Jurnalistik di Tengah Badai Hoaks”, Minggu (21/11).

Pelatihan menghadirkan 3 pa­materi yaitu Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, Ketua IJTI Sumbar John Nedy Kambang, serta pe­warta foto harian Singgalang Desrian Eristha.

Pelatihan dasar jurnalistik mulai dari ba­gaimana mengolah berita yang baik dan benar, hingga bijak dalam menyampaikan informasi seperti yang biasa dilakukan jurnalis yang bertugas di Padang.

Ketua pelaksana kegiatan Pascal Hafidz mengatakan, pelatihan diikuti 70 peserta dari berbagai jurusan dan prodi di PNP ini, bertujuan membentuk generasi mu­da sebagai agen perubahan yang harus kritis menanggapi informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Pelatihan ini dilakukan mengingat di era destruktif yang kita rasakan saat seka­rang ini banyak informasi masuk dari berbagai kanal mulai dari media sosial, teman dekat, atau dari media massa lainnya. Ma­ka dari itu kita sebagai generasi muda sekaligus sebagai agen perubahan, kita harus dapat mengolah, dan harus kritis dalam menanggapi informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya tersebut,” katanya.

“Tidak semua yang kita dengar itu benar, tidak semua yang kita terima itu fakta. Pelatihan ini diharapkan sebagai cara untuk melatih diri, sebagai bentuk pengembangan diri agar kita bisa bertahan dan kita bisa tetap kritis di tengah-tengah era destruktif yang mana informasi banyak masuk dan bisa membendung yang namanya hoaks,” imbuhnya.

Sementara itu, Fitria Dona yang mewakili Direktur PNP Surfa Yondri dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan, tema yang diangkat sesuai dengan apa yang telah dilakukan oleh PNP beberapa waktu lalu.

“Sebagaimana diketahui, kami dari PNP telah melakukan penandatangan kerja sama dengan Polda Sumbar untuk aplikasi hoax yang telah diinstal oleh mahasiswa PNP,” katanya.

Di tengah gempuran hoaks yang mengaburkan informasi sesungguhnya, profesi wartawan menjadi menarik dan menantang bagi anak muda. Sehingga mereka butuh informasi tentang pengetahuan jurnalistik, profesi dan karir di bidang tersebut. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top