Close

Puluhan CPNS Sawahlunto Berburu Peruntungan di Provinsi Tetangga

TINJAU--Wakil Walikota Sawahlunto Zoirin Sayuti mengunjugi pelaksanaan seleksi CPNS Sawahlunto di Kota Pekanbaru Riau.

SAWAHLUNTO, METRO–Pemko Sawahlunto bekerjasama dengan BKN (Badan Kepegawaian Nasional) melaksanakan tes CPNS di sejumlah daerah, guna membantu pesertanya tes CPNS untuk formasi di Sawahlunto yang sedang berada di provinsi luar Sumbar. Pelaksanaan tes tersebut di kota Pekanbaru Provinsi Riau, Senin (4/10). Ada sejumlah 40 orang pesertanya tes CP­NS untuk tahapan seleksi kemampuan dasar (SKD) yang bertempat di GOR Remaja  Kota Pekanbaru.

Wakil Walikota Sa­wah­lunto Zohirin Sayuti me­ngunjungi dan meninjau langsung proses SKD CP­NS Kota Sawahlunto di Kota Pekanbaru tersebut, sekaligus bersilahturahmi dengan jajaran BKN Kantor Regional XII Pekanbaru yang membantu Pemko Sawahlunto melaksa­nakan SKD CPNS tersebut di Kota Pekanbaru.

“Ini merupakan bentuk upaya kami dalam menjaring lebih banyak potensi – potensi CPNS bagi Sawahlunto tidak hanya yang berasal atau berdomisili di Sawahlunto, namun juga yang di luar Sumbar. Untuk membantu mereka, kami dengan dukungan BKN melaksa­nakan tes SKD CPNS ini di sejumlah daerah, termasuk di Kota Pekanbaru ini,” sebut Zohirin.

Dari pantauan Zohirin, penyelenggaraan tes SKD CPNS di Kota Pekanbaru tersebut turut membantu para perantau Sawahlunto di Provinsi Riau yang mendaftar CPNS di kampung halaman. Dengan Pemko melaksanakan di Kota Pekanbaru tes CPNS itu, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya trans­portasi untuk datang me­ngikuti tes ke Sawah­lunto.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengemba­n­gan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sawahlunto, Guspriadi melalui Sekretaris BKPSDM, Yon Efni, melaporkan bahwa untuk pelaksanaan tes CPNS formasi Kota Sawahlunto di luar Sumbar itu diselenggarakan pada 13 dae­rah.

“Kita laksanakan untuk luar Sumbar itu di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Pa­lembang, Manado, Ma­kassar, Jambi, Medan, Batam, Semarang, Serang, Lampung dan yang sekarang di Pekanbaru. Itu kita laksanakan September sampai Oktober ini,” kata Yon Efni.

Untuk pelaksanaan, baik secara teknis tes maupun penerapan protokol kesehatan (Prokes), itu dilakukan sama seperti pelaksanaan tes SKD di Sawahlunto. Untuk teknis tes antara lain dengan sistem CAT dimana setiap orang diberikan soal yang berbeda sampai hasil tes yang  bisa dimonitor langsung selesai proses tes.

“Dengan sistem CAT dan pengawasan ketat dari BKN sekarang ini, peluang kecurangan, ada permainan dengan panitia dan lain – lain itu sudah ditekan sampai 0 persen. Kita berikan benar – benar tes murni yang hasilnya bersumber total dari kemampuan masing – ma­sing peserta,” ujar Yon Efni.

Kemudian untuk melengkapi protokol kesehatan, seluruh peserta wajib telah mendapatkan hasil negatif Covid – 19 ada hasil PCR Test. Saat sudah di lokasi tes wajib menerapkan memakai masker, men­­cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Dalam kesempatan me­ngun­jungi dan memantau tes CPNS di Kota Pekanbaru tadi, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti menemui dan bersilahturahmi dengan Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, Neny Ro­c­h­yany. “Kami me­nyam­­paikan terimakasih dan apre­siasi kepada ibu Ne­ny dan jajaran BKN Regional XII Pekanbaru atas du­kungan dan bantuan bagi Sawahlunto dalam pe­laksanaan tes SKD CP­NS di bumi Lancang Kuning ini,” kata Zohirin. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top