Menu

Puluhan Anggota Dewan Sijunjung Dilantik

  Dibaca : 92 kali
Puluhan Anggota Dewan Sijunjung Dilantik
PELANTIKAN— Ketua PN Muaro Sijunjung mengambil sumpah/janji anggota DPRD Sijunjung yang baru, periode 2019-2024 pada sidang paripurna istimewa di gedung DPRD, Kandang Baru, Selasa (13/8).

SIJUNJUNG, METRO – Sebanyak 30 orang anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dilantik dan diambil sumpahnya. Para dewan yang dilantik itu merupakan wakil rakyat yang telah diberikan amanah oleh masyarakat Sijunjung pada pesta demokrasi pemilu legislatif April 2019 lalu, Selasa (13/8) di Gedung DPRD Sijunjung, Kandang Baru.

Pengucapan sumpah/ janji sebagai anggota DPRD dibacakan Ketua Pengadilan Negeri Sijunjung, Noeristya Soeryati SH MH. Di bawah kitab Suci Al Quran. Disaksikan seluruh unsur yang ada di Kabupaten Sijunjung serta masyarakat banyak.

Kepada 30 orang dewan itulah harapan masyarakat dititipkan selama lima tahun kedepan, periode 2019-2024. Pelantikan itu dilaksanakan berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat dengan Nomor: 171-605-2019 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung. Yang mana sebelumnya nama calon terpilih dan perolehan suara pada Pemilu legislatif April lalu, telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung.

Dari sebanyak 30 orang anggota DPRD yang dilantik dan diambil sumpahnya, 16 orang di antaranya merupakan wajah baru. Meskipun gedung DPRD Sijunjung dihadiri banyak orang. Bahkan, undangan yang hadir pun harus berdesakan saat menyaksikan sidang paripurna istimewa tersebut. Namun, terlihat sejumlah kursi didalam ruangan sidang dalam keadaan kosong. Ternyata kursi kosong tersebut dikarenakan anggota DPRD yang lama yang tidak terpilih kembali, banyak yang tidak menghadiri undangan.

Berdasarkan hasil keputusan perolehan kursi dan perolehan suara terbanyak oleh KPU. Ketua DPRD Sijunjung dijabat Partai Gerindra yang memperoleh empat kursi. Dan berdasarkan hasil keputusan partai, Rusdi Antoni menjabat sebagai pejabat sementara (pjs) sebagai Ketua DPRD Sijunjung. “Kita diamanahkan untuk menjabat sebagai Pjs selaku Ketua DPRD Sijunjung, dan masa tersebut terhitung selama tiga bulan. Selanjutnya kita menunggu keputusan partai lebih lanjut,” tutur Rusdi Antoni, saat berbincang dengan media usai pelantikan berlangsung.

Pasca pelantikan berlangsung segenap jajaran pemerintah daerah, Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, OPD, tokoh masyarakat dan undangan yang hadir menyalami anggota DPRD yang baru saja dilantik untuk memberikan selamat. Selanjutnya, anggota DPRD akan menjalankan tugas sesuai peran dan fungsinya yaitu, legislasi, penganggaran dan pengawasan dalam mewujudkan sinergisitas pembangunan daerah Kabupaten Sijunjung. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional