Close

Pulang Basamo Lebaran 1440 Hijriah, Wabup Harapkan Perantau Membawa Investor Bangun Daerah

Ilustrasi

PDG.PARIAMAN, METRO – Wakil Bupati (Wabup) Padangpariaman H Suhatri Bur mengatakan, menyambut Lebaran 1440 Hijriah, perantau asal Padangpariman akan pulang kampung bersama ke kampung asal masing-masing dalam daerah ini.

”Kita mendukung pulang basamo perantau ini, karena mereka dapat meramaikan kampung halaman walau hanya di lebaran, tapi itu telah dapat memabntu warga kampungnya,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Kedatangan perantau tersebut akan hidupkan ekonomi masyarakat di sekitar kampungnya, karena mereka akan belanjakan uangnya saat mereka pulang kampung bersama, bahkan ada mereka yang membagikan zakat.

”Kalau bisa kita meminta kepada perantau yang pulang kampung juga bisa membawa investor atau paling tidak zakatnya disalurkan ke Baznas Padangpariaman untuk masyarakat kita di kampung,” ungkapnya.

Kalau tidak ada halangan, perantau dijadwalkan akan mudik atau pulang bersama pada lebaran nanti dengan menggunakan ratusan bus.

”Para perantau telah menyampaikan secara lisan bahwa kepada saya tentang mereka pulang basamo atau bersama pada lebaran nanti,” katanya.

Ia mengatakan, salah satu ikatan perantau Padangpariaman yang menyatakan akan pulang menggunakan bus yaitu Ikatan Keluarga Kecamatan IV Koto Aur Malintang (Ikako Amal).

Ikatan ini, lanjutnya akan pulang menggunakan lebih dari 200 mini bus serta ditambah dengan sejumlah bus pariwisata. “Selain itu juga ada tiga organisasi perantau Padang Pariaman lainnya yang menyatakan pulang basamo,” ujarnya.

Namun, lanjutnya dirinya belum mendapatkan kepastian apakah tiga organisasi tersebut akan pulang menggunakan bus dengan jumlah armada yang banyak.

“Yang memastikan akan pulang dengan jumlah armada bus yang banyak baru Ikako Amal baru,” ujarnya.

Ia meminta perantau tersebut sampai di kampung halaman sebelum 1 syawal agar di awal lebaran nanti dapat saling bermaafan serta saling bertukar pikiran untuk pembangunan Padang Pariaman.

Ia berharap kepulangan perantau asal daerah itu berdampak positif tidak saja untuk usaha kecil menengah namun juga untuk fakir miskin dan anak yatim. “Harapannya dengan kepulangan perantau maka dapat meningkatkan perekonomian warga di kampung halamannya,” tandasnya.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top