Close

PUG Strategi Pemberdayaan Perempuan di Kota Pariaman

FOTO BERSAMA—SekdaKota Pariaman Yota Balad bersama kapolsek pariaman dalam acara PUG

Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad kemarin membuka sosialisasi pengaru­sutamaan gender (PUG) oleh Dinas Pemberdayaan Perem­puan, Perlindungn Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman tahun 2021. “Kota Pariaman kembali mengadakan sosialisasi PUG untuk Tahun 2021. PUG merupakan strategi pembangunan pemberdayaan perempuan, implementasinya melalui prinsip kesetaraan dan keadilan gender yang harus menjadi dasar dalam setiap kebijakan pembangunan. Tu­juan­nya adalah memastikan seluruh kebijakan, program dan kegiatan telah setara dan adil bagi laki – laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas, lansia dan kelompok rentan lainnya,“ ungkapnya.

Katanya, dalam upaya per­ce­patan pelaksanaan PUG di Kota Pariaman, telah dilaksa­nakan berbagai kegiatan, di­antaranya dengan diseminasi dan penyebarluasan konsep dasar gender dan perencanaan pembangunan berperspektif gender dikalangan penentu kebijakan.

“PUG harus menjadi prioritas karena disadari bahwa PUG sebagai strategi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, seharusnya dapat dipahami oleh penentu kebijakan, mengingat PUG bertu­juan untuk mengintervensi atau mempengaruhi kebijakan dalam pembangunan. Untuk itu diper­lukan sebuah alat yang dikenal dengan Perencanaan dan Pe­ngang­garan Responsif Gender (PPRG), “ uajranya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindangan Anak dan Keluar­ga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, Nazifah mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuia dengan Instruksi Pre­siden Nomor 9 Tahun 2000 tent­nag Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada stakehol­der terkait seperti DPRD, For­kopimda, Kepala OPD, Lurah dan Kepala Desa dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman ten­tang apa PUG, bagaimana kon­sep PUG, menemukan dan me­ngenali isu – isu gender di OPD, kecamatan, desa dan keurahan serta mampu sebagai agen penggerak PUG di Kota paria­man, “ ungkapnya. “Ayo kita bersama mendukung kegiatan ini agar terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender di Kota Pariaman, “ tambahnya meng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top