Close

PT Semen Padang Serahkan Bantuan Program Khusus Nagari Luki

DIGELAR VIRTUAL— Digelar virtual, penyerahan bantuan program Khusus Nagari Luki dengan anggaran sekitar Rp2 miliar, ditandai dengan penandatangan serah terima bantuan oleh Kadept Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Oktoweri, Ketua KAN Lubuk Kilangan Basri Datuk Rajo Usali dan disaksikan Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri.

INDARUNG, METRO–Bantuan program Khu­sus Nagari Lubuk Kilangan (Luki) tahun anggaran 2020, resmi diserahterimakan PT Semen Padang kepada ma­s­yarakat Lubuk Ki­la­ngan, Rabu (2/6).  Ban­tuan itu merupakan bentuk ko­mit­men PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, melalui PT Semen Padang untuk kesejahteraan masyarakat Nagari  Lubuk Kilangan

Program Khusus Na­gari yang diserahkan itu ter­diri dari ruang perte­muan Kantor KAN Lubuk Kilangan, normalisasi intake Sungai Lubuk Sariak yang disertai dengan pem­buatan bronjong dan salu­ran air untuk Ba­rin­gin­Ta­ran­tang dan La­pangan Volley Kelurahan Padang Besi.

Digelar secara virtual, penyerahan bantuan program Khusus Nagari de­ngan anggaran sekitar Rp2 miliar itu ditandai dengan penan­da­tangan serah teri­ma ban­tuan oleh Kepala Depar­te­men Komunikasi & Hukum Pe­rusahaan Okto­weri, Ketua KAN Lubuk Kilangan Basri Datuk Rajo Usali dan disak­si­kan Direk­tur Utama PT Semen Pa­dang Yosviandri.

Acara dihadiri Kepala Unit Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang Rinold Tham­rin, Kasie Bina Lingkungan CSR, Masykur Rauf dan ninik mamak Lubuk Ki­langan.

Dirut PT Semen Padang Yosviandri mengatakan, nor­ma­lisasi intake, pem­ba­ngu­nan lapangan Volly dan ruang pertemuan Kantor KAN Lubuk Kilangan itu merupakan komitmen pe­ru­sahaan terhadap masya­ra­kat lingkungan, khusus­nya di Kecamatan Lubuk Kilangan yang direalisa­sikan melalui CSR perusa­haan.

“Kami melibatkan vendor lokal, supaya pelak­sanaan program khusus tersebut dapat menyerap tenaga kerja lokal di tengah meningkatnya jumlah pe­ng­angguran akibat pan­demi Covid-19. Artinya, penunjukan vendor lokal itu memberikan multiplier effect bagi masyarakat,: kata Yosviandri dalam sam­butan serah terima program khusus tersebut.

Terkait serah terima ban­tuan program khusus kepada masyarakat yang digelar secara online atau virtual, Yosviandri menga­takan, dalam kondisi se­perti pandemi saat ini, tidak se­muanya harus ber­ta­tap muka. Apapun kegia­tan bisa dilakukan secara vir­tual.

“Kegiatan serah terima bantuan program khusus ini da­pat menjadi contoh da­lam pe­nerapan protokol ke­seha­tan guna meng­anti­sipasi penyebaran Covid-19,” ujar­nya.

Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum PT Semen Padang Okto­weri mengungkapkan, normalisasi intake Baringin dilakukan PT Semen Pa­dang untuk memenuhi ke­butuhan pengairan lebih 120 hektare lahan perta­nian dan kolam ikan  ma­sya­rakat yang bermukim di kawasan  Baringin dan Ta­ran­tang Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.   Pengerjaan proyek ini telah menyerap tenaga kerja lokal, karena dampak pan­demi saat ini, banyak masyarakat kehilangan pekerjaan.

“Program Khusus Na­gari berupa normalisasi intake ini merupakan jantung perekonomian bagi mas­yarakat, karena intake ba­ringin ini manfaatnya luas untuk ketahanan pangan Kota Padang, dan mening­katkan lapangan kerja. Sa­wah-sawah yang sebelum­nya tidak produktif karena tidak ada air, sekarang bisa dimanfaatkan plus menciptakan lapangan ker­ja dari masyarakat yang se­belumnya menganggur kembali turun ke sawah,” kata Oktoweri.  (ren/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top