Close

PT Semen Padang Lepas 5 Tim Inovasi ke Ajang Internasional IQPC

PELEPASAN— Dirut PT Semen Padang, Ir. Asri Mukhtar, MM berfoto bersama saat melepas lima tim inovasi PT Semen Padang untuk mengikuti ajang inovasi International Quality & Productivity Convention (IQPC) yang akan digelar di Bali, pada 2427 Oktober 2022.

INDARUNG, METRO–Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Ir. Asri Mukhtar, MM, melepas lima tim inovasi PT Semen Padang untuk mengikuti ajang inovasi International Quality & Productivity Convention (IQPC) yang akan digelar di Bali, pada 2427 Oktober 2022.

Lima tim inovasi itu terdiri dari AIR COMP, Robin Hood, STORE 1908, Sending, dan Optimus Prime. Sebe­lumnya, lima tim inovasi ini juga meraih penghargaan Platinum di ajang  Temu Karya Mutu dan Produk­tivitas Nasional (TKMPN) XXV yang digelar secara virtual pada November 2021.

Asri Mukhtar dalam sambutannya, mengapresiasi kelima tim inovasi yang akan mengikuti ajang IQPC, dan dia berharap agar kelima tim inovasi tersebut, tidak hanya sekedar berpartisipasi, tapi mengambil kesempatan untuk melakukan benchmark dari tim inovasi lain dari berbagai negara.

Kemudian yang paling penting dari ajang inovasi ini adalah, bagaimana kelima tim inovasi ini harus bisa memenangkan ajang inovasi tingkat internasional tersebut, sesuai dengan semboyan Veni, vidi, vici (Saya datang, saya melihat, saya telah menaklukkan).

“Maksudnya, kelima tim ini harus punya motivasi tinggi untuk menang pada ajang IQPC tersebut. Jadi, jangan hanya sekedar berpartisipasi saja, tim ini harus diharapkan bisa me­raih penghargaan tertinggi ajang IQPC,” kata Asri Mukhtar saat melepas tim inovasi di Club House PT Semen Padang.

Asri Mukhtar juga berharap capaian kelima tim inovasi ini dapat menjadi motivasi bagi karyawan PT Semen Padang lainnya untuk ikut melakukan inovasi dan improvement, supaya juga bisa mengikuti ajang inovasi yang sama, maupun yang lebih tinggi lagi. Apalagi, hasil inovasi maupun improvement ini sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Untuk itu, semua kar­yawan Semen Padang harus bersemangat untuk melakukan improvement dan inovasi. Apalagi, PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, sebagai holding dari PT Semen Padang, juga mewadahi improvement dan inovasi ini, dengan menggelar Semen Pa­dang Improvement Event (SPIE) dan Semen Indonesia Group Innovation Award (SIGIA).

“Bagi yang meraih pres­tasi, diikutkan pada ajang TKMPN dan juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional. Salah satunya, ajang IQPC yang akan diikuti lima tim inovasi yang dilepas hari ini. Makanya, saya mengajak semua kar­yawan untuk terus melakukan improvement dan inovasi,” ujarnya.

Dalam pelepasan lima tim inovasi itu, juga hadir Direktur Operasional PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, dan sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang. Di antaranya, Kepala Departemen Pemeliharaan, Muhammad Syafitri, Kepala Unit Total Productive Maintenance (TPM) PT Semen Padang, Zulkarnaen dan jajarannya.

Hal yang sama, juga disampaikan Direktur Operasional PT Semen Padang, Indrieffouny Indra. Kata dia, kelima tim inovasi yang akan diikutkan pada ajang IQPC ini, diharapkan dapat menambah wawasan, inisiatif, dan kreativitas peserta agar dapat terus menerus menemukan peluang perbaikan yang bisa dilakukan di tempat kerja.

“Ini sesuai dengan tujuan dari ajang IQPC tersebut. Makanya kami harapkan, keilima tim ini dapat menambah wawasan dan juga dapat menimba pengalaman dari perusahaan besar internasional dalam mengimplementasikan Manajemen Mutu di perusahaan,” kata Indrieffouny Indra.

Kepala Unit TPM PT Semen Padang, Zulkarnaen menambahkan bahwa kelima tim inovasi dikirim ke ajang IQPC, sudah dipersiapkan sejak April 2022. Dan, persiapan ini dimulai dengan pembuatan proposal, pemantapan persentasi pembekalan bahasa Inggris, dan pelatihan persentasi. “Jadi, persiapannya cukup maksimal,” kata Zulkarnaen.

Ajang IQPC ini, kata Zulkarnaen melanjutkan, merupakan ajang dalam mendemostrasikan, mempromosikan dan berbagi pengalaman untuk meningkatkan kualitas dan pro­duktivitas. “Baik secara individu maupun kelompok, dengan berbagai pendekatan sistem manajemen,” ujarnya.

PT Semen Padang, tam­bahnya, selama ini selalu konsisten untuk mengi­kuti ajang inovasi berskala nasional dan internasional. Dan, keikutsertaan tersebut telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini, dapat diketahui dari banyaknya jumlah karyawan yang ikut berbagai ajang inovasi.

Tidak hanya ajang IQPC, tapi juga TKMPN, maupun ajang inovasi internasional lainnya seperti ICQCC, dan APQO. “Untuk berbagai ajang inovasi tingkat internasional ini, telah diikuti PT Semen Padang sejak 2013. Dan sudah banyak penghargaan yang diraih oleh tim,” pungkasnya. (ren/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top