Menu

PT Semen Padang Kembali Raih Sertifikat Akreditasi A Kearsipan

  Dibaca : 229 kali
PT Semen Padang Kembali Raih Sertifikat Akreditasi A Kearsipan
PENGHARGAAN ARSIP— Dirut PT Semen Padang Yosviandri menerima Sertifikat Akreditasi A untuk Unit Kearsipan dari Plt.Kepala ANRI Muhammad Taufik di Jakarta, Kamis (10/6).

INDARUNG, METRO–PT Semen Padang kembali meraih Akreditasi A (sangat baik) dari Arsip Nasional Re­publik Indonesia (ANRI untuk Unit Kearsipan. Penyerahan ser­tifikat akreditasi itu dila­kukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI Muhammad Taufik kepada Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri di Jakarta, Kamis, (10/6).

“Alhamdulillah PT Semen Padang kembali me­raih akreditasi A dari ANRI. Ini menunjukkan bahwa perusahaan ini sudah sa­ngat baik dalam pengelo­laan unit ke­ar­sipan sesuai standar yang ditetapkan oleh ANRI,” kata  Direktur Uta­ma PT Semen Padang Yos­­vian­dri yang didam­pingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Pe­ru­­sa­haan, Oktoweri.

Ia mengatakan de­ngan meraih sertifikat akreditasi yang masa ber­lakunya selama lima ta­hun (30 April 2021 s.d. 30 April 2026) itu dapat men­jadi penye­ma­ngat bagi jajarannya untuk menge­lola Unit Kearsipan de­ngan lebih baik lagi.

Yosviandri menu­turkan, akre­ditasi kearsipan bagi PT Semen Padang sangat banyak tujuannya, di anta­ranya, untuk memberikan pengakuan formal bahwa penyelenggaraan kearsi­pan yang dilaksanakan oleh perusahaan telah me­menuhi persyaratan dan standar akreditasi kear­si­pan.

Kemudian, juga untuk menyamakan persepsi dan memverifikasi penge­lo­laan kearsipan yang dila­kukan selama ini di PT Semen Padang sudah baik dan benar, serta sebagai tolak ukur bersama, karena arsip merupakan faktor penting dalam perjalanan perusahaan dan bisa di­katakan sebagai salah satu aset berharga yang di­miliki.

Pengelolaan kearsipan juga berkaitan dengan tran­sparansi tata kelola peru­sahaan serta kepedulian pimpinan. Keikutsertaan PT Semen Padang untuk akreditasi kearsipan ber­sifat sukarela. Namun be­gitu, manfaat dari akre­ditasi dapat menjadi seba­gai pedoman dalam penge­lolaan persuratan dan kear­sipan di perusahaan.

Sertifikat Akreditasi Kearsipan ini merupakan yang kedua kali diraih PT Se­men Padang.  Pada ta­hun 2015, PT Semen Pa­dang  mengajukan akredi­tasi kearsipan ke ANRI dan hasilnya,  meraih akreditasi A yang berlaku hingga 2020.

Pengajuan akreditasi untuk kedua kalinya ini, merupakan bentuk komit­men dan kepedulian peru­sahaaan terhadap pe­ng­e­lolaan kearsipan di PT Semen Padang. Bahkan, PT Semen Padang merupakan BUMN pertama yang ber­hasil masuk ketahapan si­dang pleno akreditasi kear­sipan tahun 2021.

Selain meraih Sertifikat Akreditasi Kearsipan,  PT Se­men Padang dalam ajang ANRI Award 2016,  per­nah meraih Juara I Tingkat BUMN Unit Kea­rsipan Terbaik tingkat Na­sio­nal serta mem­peroleh Juara II Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2016 Kate­gori BUMN.

Plt Kepala ANRI Mu­ham­mad Taufik meng­ucap­­­kan selamat kepada pe­ru­sahaan dan intansi pusat serta daerah yang telah berhasil men­da­pat­kan Sertifikat Akreditasi Kear­sipan berdasarkan potret dari ANRI.

Ia berharap, semua intansi dan perusahaan ke depannya dapat mening­katkan pengelolaan arsip yang lebih baik. “Arsip adalah informasi. Siapa pun yang mendapat infor­masi, maka dia mendapat knowledge (pengetahuan). Orang yang mendapat in­for­masi, dia akan ter­edu­kasi. Itulah arsip se­sung­guh­nya. Arsip harus hadir dan dia berada di garda terdepan memberikan ke­pastian, karena arsip itu oten­tik, tidak hoaks,” kata Taufik. (ren/rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional