Close

PT Pertamina Jamin Stok Elpiji

Feri Ariel Jainudin Sales Eksekutif Elpiji Pertamina Sumbar

PADANG, METRO – PT Pertamina memastikan kebutuhan elpiji non subsidi dan subsidi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tercukupi.

“Kebutuhan elpiji di Sumbar tercukupi selama ini di Bulan Ramadhan. Termasuk juga hadapi Idul Fitri hingga bulan Juni 2019,” ungkap Sales Eksekutif LPG PT Pertamina Sumbar, Feri Ariel Jainudin, kemarin.

Diungkapkannya, kemampuan PT Pertamina uyntuk memenuhi kebutuhan elpiji masyarakat selama ini karena Provinsi Sumbar diuntungkan memiliki depot elpiji sendiri. Di Sumatera, selain Provinsi Sumbar, yang memiliki depot elpiji sendiri yakni, Provinsi Sumut, Riau, dan Sumsel.

Selain memiliki depot elpiji sendiri, di Sumbar juga dilengkapi tujuh buah SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji).

“Dengan keuntungan ini, Provinsi Sumbar bahkan juga menyuplai kebutuhan elpiji di provinsi tetangga seperti Bengkulu dan Jambi,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi adanya gangguan distribusi akibat kemacetan di jalur lintas Sumatera di Sumbar selama mudik Lebaran nanti, PT Pertamina juga melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawalan mobil tangki.

“Mobil tanki kita nanti akan dikawal jika terjadi kemacetan. PT Pertamina akan menyiagakan truk tanki kantong yang rencananya di siagakan di Kota Payakumbuh,” tambahnya.

Terkait elpiji subsidi ukuran 3 kilogram, diakui Feri biasanya setiap Lebaran, stok elpiji tiga kilogram selalu kurang. Namun, tahun ini SPBE telah menyiapkan stok aman dan stok penyangga (buffer stock) untuk elpiji bersubsidi tersebut.

“Jika ada kekurangan di lapangan, maka stok penyangga akan dikeluarkan dengan mekanisme, sesuai dengan prosedur. Sehingga dipastikan semua agen tidak akan kekurangan,” terangnya.

Feri juga mengimbau jika masyarakat menemukan pangkalan yang terbukti nakal menjual diatas harga yang ditetapkan, dan melakukan penimbunan elpiji, masyarakat dapat melaporkan langsung ke call center PT Pertamina 135.

“Kami mengimbau masyarakat, agar mengawasi setiap pangkalan-pangkalan elpiji yang ada. Jika menemukan pangkalan tersebut melakukan penimbunan, menjual lebih dari harga yang ditetapkan, serta tidak mengutamakan elpiji kepada masyarakat sekitar, segera melaporkan ke call center Pertamina di nomor 135,” tegasnya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top