Menu

PT LIB Jamin Kick-off Liga 1, 20 Agustus

  Dibaca : 117 kali
PT LIB Jamin Kick-off Liga 1, 20 Agustus
BERSEMANGAT--Jelang dikabarkan Liga I Indonesia ditabuh 20 Agustus, skuat Persebaya Surabaya bersemangat latihan di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Selasa (15/6).

JAKARTA, METRO–Operator Liga Sepakbola Indonesia PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk memulai Liga 1 musim ini pada 20 Agustus 2021. Namun, masyarakat masih khawatir. Belajar dari pengalaman tahun lalu, publik ragu kompetisi dapat diputar tepat waktu.

Sikap skeptis khalayak sangat wajar. Soalnya, kompetisi pernah dua kali ditunda hanya beberapa hari sebelum kick-off. Kejadian pertama berlangsung pada tahun lalu. Dua hari sebelum Liga 1 digelar pada 1 Oktober 2020, kompetisi terpaksa ditangguhkan a­kibat tidak mendapatkan izin dari kepolisian. Ujung-u­jungnya, Liga 1 dibatalkan.

Peristiwa kedua terjadi di tahun ini. PT LIB semula berniat untuk menggulirkan Liga 1 pada 9 Juli 2021. Namun, sepuluh hari sebelum dimulai, kompetisi ha­rus diundur karena permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Setelah surat penundaan dari BNPB untuk Liga 1 kedaluwarsa pada 31 Juli 2021, PT LIB sepakat dengan para peserta untuk memulai kompetisi pada 20 Agustus 2021.

“Soal jaminan, kami sudah konsiderasi dengan PSSI dan Pak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Ka­mi juga konsultasi ke Ma­bes Polri. Kami sampaikan bahwa kami akan memutar Liga 1 pada 20 Agustus 2021,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menjawab apakah PT LIB menjamin kompetisi dapat tepat waktu atau tidak. Kejadian ketiga masih mungkin terjadi saat ini. Se­bab, kepolisian dikabarkan belum memberikan izin untuk Liga 1.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto menyatakan, bahwa pihaknya belum menerbit­kan izin dimulainya Liga 1 pada 20 Agustus 2021. Ma­bes Polri masih menunggu rekomendasi dari Satgas Covid-19 sebelum menerbitkan izin keamanan untuk Liga 1.

“Belum. Mabes Polri prinsipnya menunggu konfirmasi dari Satgas Covid-19. Kan harus ada rekomendasi pelaksanaan di sana,” kata Imam Sugianto dinukil dari Antara, Rabu (4/8).

Imam Sugianto berjanji, jika rekomendasi dari Satgas COVID-19 telah keluar, pihaknya juga bakal memberikan izin untuk Liga 1. “Yang kedua, terkait de­ngan wilayah pelaksanaan. Nanti Satgas Covid-19 yang merekomendasikan seperti apa. Kalau itu su­dah oke, Mabes Polri tidak ada alasan untuk tidak membantu mengeluarkan izin,” imbuh Imam Sugianto.

Ketika dikonfirmasi terkait izin kepolisian yang belum turun, Sudjarno men­jelaskan bahwa PSSI masih berkoordinasi de­ngan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BN­PB) terkait rekomendasi untuk Liga 1.

Ketua BNPB, Ganip War­sito juga merangkap sebagai Ketua Satgas Co­vid-19. “Rekomendasi dari BNPB yang saat ini sedang dikomunikasikan oleh PS­SI,” ujar Sudjarno, dilansir Bola.com, Kamis (5/8). Namun, Sudjarno tidak lagi merespons ketika ditanya lebih jauh mengenai kabar kepolisian belum memberikan izin untuk Liga 1.

//Antusias

Kabar Liga 1 2021-2022 akan bergulir pada 20 Agustus mendatang, membuat PSIS Semarang antusias. Manajemen tim berjulukan Mahesa Jenar mengklaim persiapan segera kembali dilakukan. Sebelumnya, PSIS meliburkan aktivitas latihan sejak diberlakukannya PPKM Darurat se-Ja­wa dan Bali pada awal Juli lalu. Persiapan tim dengan mengumpulkan seluruh pemain sudah lebih dahulu dilakukan.

Bahkan tiga pemain a­sing PSIS sudah berkumpul di kota Lumpia. Setelah dilakukan rapat virtual, Ge­neral Manager PSIS Semarang, Wahyu Winarto memastikan timnya segera mengumpulkan kembali skuadnya. “Menghadapi kick-off Liga 1 mulai 20 Agustus di tengah waktu yang mepet, PSIS akan patuh terhadap aturan dari federasi. Kami siap dan akan segera mempersiapkan tim semaksimal mung­kin dengan segera me­nyusul jadwal latihan secepatnya,” ujarnya. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional