Close

PT BA Salurkan Bantuan 45 Ribu Ekor Bibit Ikan

TEBAR BIBIT IKAN— PT Bukit Asam (PTBA) tebarkan bantuan bibit ikan lebih kurang sebanyak 45 ribu ekor bagi masyarakat Sawahlunto.

SAWAHLUNTO,METRO–PT. Bukit Asam (PTBA) menyalurkan bantuan bi­bit ikan sebanyak 45 ribu ekor untuk masyarakat Kota Sawahlunto yang bisa disebar di sepanjang aliran sungai, diserahkan di Lapangan Segitiga, Selasa (22/2).

General Manager PT­BA Ombilin Yulfaizon mengatakan, bantuan ikan yang diberikan tersebut terdiri dari ikan nila, ikan garing dan ikan mas, di mana semua ikan itu untuk disebar atau dipelihara di sungai. “Penyerahan bantuan bibit ikan ini da­lam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PTBA ke 41. Selain bantuan bibit ikan yang kita serahkan tadi, besok kita akan memberikan bantuan Sembako untuk masyarakat pra-sejahtera,” kata Yulfaizon.

Yulfaizon merinci ada empat kelurahan dan lima desa yang menerima bantuan bibit ikan yang pe­nyerahannya secara simbolis dilaksanakan bersama Wakil Wali Kota Sa­wahlunto Zohirin Sayuti, di Kelurahan Tanah Lapang.

“Untuk desa itu kelompok-kelompok ma­sya­ra­kat di Desa Kubang Ta­ngah, Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Rantih, Desa Kolok dan Desa Muaro Kalaban. Kemudian Kelurahan itu adalah Air Di­ngin, Tanah Lapang, Pasar dan Kubang Sirakuk U­tara,” ujar Yulfaizon.

Yulfaizon menyebutkan, untuk bibit ikan nila dibagikan sebanyak sepuluh ribu ekor, kemudian ikan mas sebanyak lima belas ribu ekor dan ikan garing sebanyak dua puluh ribu ekor. “Harapannya ini membantu me­numbuhkan perikanan se­kaligus mendorong eko­nomi produktif masya­rakat. Juga ini dalam memotivasi masyarakat men­­jaga kelestarian su­ngai, karena kalau tidak dijaga sungainya tentu ikan yang dilepas ini bisa mati tidak jadi dipanen,” kata Yulfaizon.

Wakil Wali Kota Sa­wahlunto Zohirin Sayuti mengapresiasi dan ber­terima kasih kepada PTBA atas bantuan-bantuan yang diberikan itu. “PTBA kembali menunjukkan bak­ti atau kepeduliannya untuk masyarakat Sa­wah­lunto. Ini juga mendukung program Pemkot Sawah­lunto dalam meningkatkan sektor pertanian dan perikanan, terima kasih PT­BA,” kata Zohirin.

Wawako Zohirin Sayuti berpesan kepada kelompok masyarakat penerima bantuan bibit ikan itu untuk dapat menjaga dan memelihara ikan tersebut di sungai dengan baik sehingga dapat berumur panjang dan sampai dipanen sehingga tujuan dan manfaat bantuan dapat tercapai.

“Mungkin ini lebih mu­dah daripada merawat ikan dalam kolam. Kalau di sungai kan airnya sudah jelas ada terus mengalir, mungkin tinggal bagaimana menjaga kebersihan dan beberapa hal lain saja,” kata Zohirin.  (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top