Close

PSSI Tes Identifikasi Bakat Pemain Timnas U-16, Sebanyak 34 Pemain Muda Dimonitor Perkembangannya

IDENTIFIKASI BAKAT--Sebanyak 36 pemian Timnas Indonesia U 16 mengikuti identifikasi bakat untuk diikuti perkembangannya.

JAKARTA, METRO–Memasuki era digital untuk me­ngetahui data kemampuan fisik dan teknik para pemain pesepakbola nasion U-16 serta mempersiapkan brancmark untuk atlet elit nasional. Salah satu upaya PSSI adalah melakukan tes identifikasi bakat.

Demikian dikatakan Direktur Tenik PSSI, Indra Syafri kepada media ini, Senin (7/3) usai menyaksikan langsung pelaksanaan tes Identifikasi bakat Timnas Indonesia U-16.

Dari tes Identifikasi bakat Timnas Indonesia U-16 tersebut, tampak hadir Instruktur Kepelatihan PSSI Dr. Emral Abus, MPd, Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, Indrianto dan Markus Horison, yang akan mendapatkan informasi tentang level kemampuan para atlet, sehingga segera dapat menyiapkan program yang tepat kepada pemain elit nasional pada masa mendatang.

“Kami sangat berkepentingan ter­hadap pelaksanaan tes ini, dengan tes ini kami memiliki data untuk masing-masing atlet, karena permasalahan utama kita adalah ketiadaan data tentang atlet, kemudian kita akan dapat membandingkan kemampuan atlet kita dengan kemampuan atlet Internasional, karena kita menggunakan instrumen yang sama,” ujar Direktur Teknik PSSI Indra Syafri.

Selain itu, Indra Syafri mengucapkan terimakasih kepada Tim TID Sekora yang telah mewujudkan rencana untuk melaksanakan tes TID kepada para pesepakbola masa depan Indonesia.

Pada kesempatan, Ketua Tim TId Sekora, Prof Syahrial Bakhtiar me­ngatakan, karena ini tahap awal ker­jasama Yayasan Sekora dengan Timnas PSSI, dirinya turun langsung melakukan tester dibantu RIsky Syahputra MPd, CISTI.

“Dari data tersebut, PSSI akan dapat memonitor pemain Timnas U-16 secara terus menerus dan teraratur dan data kekinian itu akan membantu pelatih untuk pesepakbola nasional U-16 meraih prestasi puncaknya,” ujar Syahrial.

Dikatakan Syahrial, tes identifikasi bakat telah dilaksanakan di daratana Eropa. Bahkan, pemain kelas dunia asal Belgia Kevin de Brune itu ditemukan melalui identifikasi bakat digital seperti ini.  (boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top