Close

PSSI Pastikan Timnas Indonesia 2 Kali Hadapi Curacao di FIFA Matchday

STARTING LINE UP--Starting line up Timnas Indonesia saat laga kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A melawan Kuwait di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait City, Kamis (9/6) yang lalu.

JAKARTA, METRO–Teka-teki calon lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday September 2022 akhirnya terjawab. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memastikan pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi Curacao sebanyak dua pertandingan.

Yunus Nusi juga me­nyebut, Federasi Sepak Bola Curacao (FFK) me­nyambut antusias unda­ngan dari PSSI untuk laga FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia. Saat ini, PSSI dan FFK masih berkoordinasi untuk mengurus dua laga tersebut.

”Dua pertandingan Tim­nas Indonesia pada bulan September rencananya menghadapi Timnas Curacao. Tanggapan pihak Curacao juga bagus. Semua­nya saat ini masih dalam proses,”kata Yunus di Stadion Maguwoharjo, Yog­yakarta pada Minggu (31/7)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sepekan sebelumnya mengonfirmasi kekhawatiran akan duel Timnas Indonesia melawan Curacao di FIFA Match­day September 2022. Penyebabnya adalah karena mayoritas pemain Curacao belum melakukan vaksinasi COVID-19.

“Ada hal yang memang mereka belum vaksin semua. Namun, mungkin ma­sih keburu atau tidak mereka melakukan vaksin,” kata Mochamad Iriawan kepada wartawan di Gianyar, Bali.

“Kami perlu komunikasikan dengan Pemerintah. Sebab, Pemerintah kita mempunyai aturan sendiri,” tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Mochamad Iriawan berkomitmen mencarikan lawan yang berkualitas untuk Timnas Indonesia. Kandidat lawan harus memiliki peringkat di bawah ranking 100 FIFA.

“Jadi bersabar ya. Kami tetap mencari bersama Sekjen, Direktur Teknik, berkaitan dengan uji coba Timnas Indonesia,” ucap Iriawan.

“Yang jelas, saya minta di bawah 100. Yang lebih kuat dari kita sehingga betul-betul bermain dengan permainan tinggi,” tegas Iriawan.

Mochamad Iriawan ju­ga mengatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung berpeluang menjadi kandang Timnas Indonesia di FIFA Matchday. Itu diungkapkan ketika melakukan inspeksi pada 22 Juli lalu.

“Setelah melihat GBLA, kami juga bisa mempertimbangkan untuk pertandingan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday,” ujar Iriawan.

FIFA Matchday selanjutnya digelar pada 19-27 September 2022. Timnas Indonesia masih menunggu kepulangan pelatih Shin Tae-yong yang saat ini sedang cuti di Korea Selatan.

Curacao adalah tim yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONCACAF). Saat ini, tim berjulukan La Familia Azul menghuni peringkat 84 ranking FIFA.

Itu sudah sesuai de­ngan misi PSSI yang ingin mencarikan lawan buat Timnas Indonesia. Syaratnya adalah lawan harus berada di 100 besar ranking FIFA.

Timnas Curacao diasuh oleh pelatih Belanda, Art Langeler. Sepanjang 2022, Curacao sudah melakoni empat pertandingan de­ngan meraih sekali kemenangan dan tiga kali kalah. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top