Menu

PSSI Ingin Jadi Penyelenggara Piala Dunia U-20

  Dibaca : 60 kali
PSSI Ingin Jadi Penyelenggara Piala Dunia U-20
Ratu Tisha

PSSI selaku induk sepak bola di Tanah Air, memiliki alasan yang kuat untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Event tersebut bisa menjadi tolak ukur apakah PSSI bisa mewujudkan target yang sudah dicanangkan. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, saat menyambangi Menara Kompas untuk berbincang-bincang dengan KG Media, Jumat (11/10/2019).

“Batu loncatan pertama untuk membuktikan apakah fondasi menuju target-target PSSI tersebut cukup kuat adalah dengan berani mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan tahun 2021,” ujar Ratu Tisha dalam pemaparannya.

Secara garis besar, PSSI memiliki lima stepping stone yang terbagi dalam tiga fase. Lima stepping stone itu adalah tahun 2018, 2020, 2024, 2034 dan 2045 serta tiga fase tersebut adalah pengembangan, performa dan kemenangan. Fase pengembangan sudah dilakukan dengan adanya peluncuran Filanesia alias filosofi sepak bola Indonesia.

Selain itu, ada reformasi sistem kepelatihan, perwasitan dan peningkatan pembinaan serta profesionalitas kompetisi pemain dalam seluruh jenjang usia. Fase performa meliputi kegemilangan partisipasi pada Piala Dunia U-20 dan keikutsertaan pada Olimpiade 2024. Kemudian, fase kemenangan adalah target untuk tampil pada Piala Dunia 2034 dan PSSI bisa bercokol dalam 10 besar federasi sepak bola dunia.

Nah, soal menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 ini tinggal menunggu ketok palu pada 23 Oktober nanti.

Ratu Tisha berharap segala upaya yang sudah dilakukan selama ini bisa berbuah manis. Ada dua negara Amerika Latin yang menjadi pesaing Indonesia sebagai kandidat penyelenggara, yakni Brasil dan Peru.

Diakui Ratu Tisha, Brasil berpotensi menjadi pesaing terberat karena Peru pernah “cacat” lantaran gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2019, yang akhirnya dipindahkan ke Brasil. Namun bila Indonesia gagal dalam kesempatan ini, masih ada peluang lain. Ratu Tisha mengatakan bahwa PSSI sudah mempersiapkan alternatif untuk ikut dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-17 pada akhir tahun ini. (*/heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional