Menu

PSM Kembangkan Unit Usaha, Majukan Ekonomi Daerah, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

  Dibaca : 84 kali
PSM Kembangkan Unit Usaha, Majukan Ekonomi Daerah, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat
Dirut Perumda PSM Poppy Irawan beserta Manager Unit Usaha di lokasi BATCHING PLAN.

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM) didirikan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang Nomor 10 tahun 2014. Perumda PSM diposisikan sebagai badan usaha yang berupaya mandiri dan mendapatkan laba. Sehingga dapat menunjang kelangsungan usaha BUMD, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai sebuah BUMD, maka pengelolaannya harus membangun budaya profesionalisme, melalui pembinaan dan pengawasan yang berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). Unit usaha di Perumda PSM yaitu, usaha semen dan beton, pariwisata, perparkiran dan Trans Padang. Khusus usaha PSM-Pariwisata, berupa pengelolaan objek wisata Pantai Air Manis, yang meliputi perencanaan, pengelolaan dan pengembangan serta pemeliharaan.

Sementara PSM-Perparkiran, dengan mengelola perpakiran di kawasan Pasar Raya dan Pantai Air Manis. Kemudian, PSM-Trans Padang berupa pengelolaan transportasi Bus Trans Padang yang meliputi perencanaan, pengelolaan, pengoperasian dan pemeliharaan.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PSM, Poppy Irawan, SIP, MA, IR mengatakan, tujuan berdirinya PSM yaitu memajukan perekonomian daerah, dengan berkontribusi menyerap lapangan pekerjaan dan meningkatkan kapasitas SDM.

PSM juga hadir membuka potensi–potensi perekonomian yang selama ini beberapa pihak belum bisa mengarapnya secara maksimal. PSM hadir untuk kemanfaatan umum, dengan memberikan layanan–layanan yang sudah ada selama ini, menjadi lebih berkualitas dan responsif terhadap pelanggan. Untuk meningkatkan laba perusahaan, PSM dengan management yang ada saat ini, berusaha semaksimal mungkin mencari ruang–ruang pendapatan. Sehingga tidak hanya memberikan manfaat untuk kelangsungan perusahaan, juga kehadirannya berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bidang usaha PSM yang disertakan modal profit oriented nantinya, digunakan untuk unit usaha pariwisata di kawasan objek wisata Pantai Air Manis. Segmen marketnya dibagi berdasarkan klasifikasi tertentu. Untuk berbagai wahana permainan dengan segmentasi pasar mulai dari kaum milenial, ada fasilitas watersport , foto selfie.

Sementara itu, arena permainan bagi keluarga kecil disediakan area bermain dengan konsep mini zoo. Seperti kebun binatang kelinci dan aneka jenis burung di Objek Wisata Air Manis.

Juga usaha bidang semen curah dan beton remix. Di unit usaha ini, PSM tetap lagi bertarung dengan kompetitor lainnya, meski pun dengan kondisi hari ini Covid-19 yang berdampat terhadap pembangunan. “Insya Allah kita mampu bertahan. Kita berharap, tahun ini jangan sampai separah tahun lalu. Di mana tahun lalu ada refocusing anggaran besar-besaran. Jika ada pembangunan infrastruktur di Kota Padang maupun di Provinsi Sumatera Barat, kita berharap bisa ikut berkonstribusi. Karena di sana kita sebagai distributor semen dan beton ready mix,” harapnya Kemudian, untuk unit usaha bidang transportasi berupa Bus Trans Padang. Di mana saat ini sedang fokus pada persiapan pengeporasian dua koridor. Juga ada unit usaha perpakiran. Di mana PSM akan mengembangkan dua titik parkir.

Perumda PSM ke depannya juga mengembangkan teknologi informasi yang ada keterkaitan antara stakeholder dengan PSM. Baik itu terhadap pelanggan, warga maupun dinas instansi terkait. “Keberadaan perusahaan daerah ini secara akuntabel kepada publik, kita bicara hal–hal yang sifatnya terbuka, dengan mengunakan sistem informasi yang berkembang saat ini,” ujarnya.

Dengan sumber daya yang ada sekarang, PSM tetap memaksimalkan kemampuan managerialnya. “Karena ada komunikasi antara stakeholder, tentu proses komunikasinya harus lebih cepat. PSM ini suatu perusahaan yang handal, yang berjalan sesuai dengan regulasi yang ada. Secara bisnis harus profesional harus mandiri. Sebagaimana dengan namanya Padang Sejahtera Mandiri, harus sejahtera dan harus mandiri,” tegasnya.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional