BUKITTINGGI, METRO–Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) menggelar promosi wisata Minangkabau Travel Mart (MTM) yang diikuti oleh ratusan pegiat pariwisata dalam dan luar negeri, kegiatan ini dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Rabu (8/11).
“MTM ini yang kelima, temanya Empowering Sociaty and Culture, kami mengundang 100 travel agen dari luar negeri seperti Malaysia,Thailand dan lokal se-Indonesia, tujuannya mempromosikan wisata Sumbar tentunya,” kata Ketua ASPPI Sumbar, Hade Ranty Juma.
Ia mengatakan MTM merupakan sebuah event promosi pariwisata dengan mempertemukan pelaku pariwisata yakni penjual produk yang bergerak di bidang kepariwisataan disebut pembeli atau seller dan tamu yang berkunjung pada objek yang dipromosikan sebagai pembeli atau buyer.
“Seller pada kegiatan tersebut yakni berasal dari travel agent, hotel, airlines, restoran, transportasi, destinasi wisata, perusahaan asuransi, bank, souvenir gallery, dan perusahaan lainnya,” katanya.
Sementara pihak Buyer atau pembeli adalah pihak-pihak dari dalam dan luar Sumatera Barat, seperti agen perjalanan yang akan membawa tamu mereka untuk mengunjungi objek-objek pariwisata yang dipromosikan dalam MTM.
“Ada Table Top, tempat bertemunya seller dan buyer ini, kami sebatas memfasilitasi, nanti jika ada kecocokan bisa langsung terjadi deal antara seller dan buyer ini,” kata Hade.
Ia mengungkap untuk wisatawan luar negeri mayoritas yang masuk ke Sumatera Barat saat ini berasal dari Malaysia dan Singapura.
Komentar