Menu

Promosi Hasil Produk Warga Digencarkan

  Dibaca : 92 kali
Promosi Hasil Produk Warga Digencarkan
PAMERAN—Ketika memperkenalkan produk UMKM masyarakat Kabupaten Solok dalam pameran Kriyanusa 2019. (eriviko/posmetro)

SOLOK, METRO – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Solok, cukup gencar mempromosikan hasil produk usaha masyarakatnya agar lebih diminati. Selain memberdayakan gedung promisi, mengikuti berbagai pameran kerajinan juga dilakukan.

Salah satunya mengikuti pameran Kriyanusa 2019 tingkat nasional yang tujuannya untuk memperkenalkan kerajinan masyarakat daerah ke luar. Setidaknya diakui Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Desna Defi Gusmal, didamping Kepala Dinas Koperindag, Eva Nasri, dalam kegiatan ini pihaknya membawa 20 jenis produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat Kabupaten Solok.

”Berbagai kerajinan anyaman, tenunan Sungai Jambu, batik, mukena ternyata cukup diminati oleh pengunjung,” kata Desna Defi.

Keikutsertaan daerah Kabupaten Solok dalam Pameran Kriyanusa 2019 yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (DKN) ini memang diharapkan dapat mendorong pemasaran hasil UMKM masyarakat Kabupaten Solok. Produk UMKM yang dihasilkan masyarakat Kabupaten Solok menurut Eva Nasri tidak kalah bersaing dengan daerah lain.

Bahkan menurut Eva Nasri pada acara tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Desna Defi Gusmal juga memperagakan baju adat khas Kabupateb Solok bersama-sama dengan Ketua Dekranasda se Sumbar lainnya.

Ia berharap, kegiatan ini semakin memperkenalkan produk kerajinan Kabupaten Solok agar lebih dikenal dan mendapatkan pemasaran yang lebih baik ke depannya. Selain aktif mengikuti berbagai kegiatan pameran, dalam membantu memasarkan produk UMKM masyarakat Kabupaten Solok, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melalui Dinas Koperindag Kabupaten Solok juga melirik perdagangan elektronik.

Diakui Eva Nasri, pihaknya juga menjajaki kerjasama dengan ecommerce (perdagangan elektronik) untuk pemasaran produk-produk UMKM masyarakat daerah Kabupaten Solok. Penjajakan dengan buka lapak yang sekarang dalam proses perjanjian kerjasama menurutnya sudah dilakukan dengan tahap awal baru 5 produk UMKM yang dipasarkan.

”Kami akan berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM masyarakat sehingga produknya bisa bersaing di Nasional maupun Internasional sehingga memudahkan pemasarannya,” ujarnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional