Menu

Prokes Ketat, UAS Hari Pertama Pelajar di Kota Padang Lancar

  Dibaca : 670 kali
Prokes Ketat, UAS Hari Pertama Pelajar di Kota Padang Lancar
UAS HARI PERTAMA— Dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat, siswa dan siswi SMP Negeri 21 Padang melakukan Ujian Akhir Sekolah (UAS), Senin (24/5). Di hari pertama, ujian berjalan dengan lancar dan tertib.

BANDA BUEK, METRO–Dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat, SMP Negeri 21 Padang melakukan Ujian Akhir Sekolah (UAS), Senin (24/5). Di hari pertama, ujian berjalan dengan lancar dan tertib.

Pelaksanaan kegiatan ujian akhir sekolah di SMP Negeri 21 ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas IX dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 253 orang.

Dipa (13), salah seorang peserta mengatakan soal yang keluar tentang kosa kata, tema dan lainnya. ”Materinya telah diterangkan majelis guru sebelumnya dan berisikan pengertian dan maksud dari kalimat,” ujar Dipa, usai menjalani ujian, Senin (24/5).

Ia mengatakan, materi ujian bersis 50 butir soal objektif. Dan tidak ada materi ujian esai. “Mudah-mudahan hasilnya memuaskan, dan nilainya juga baik. Saya ingin lulus dengan nilai terbaik nanti,” sebut Dipa.

Sementara Kepala SMP N 21 Padang, Yan Hendrik mengatakan jumlah anak yang ikut keseluruhannya adalah 235 orang dan pengawasan dilakukan dua orang majelis guru. Karena masih pandemi, pelaksanaan ujian tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-10.

“Setiap anak wajib pakai masker, jarak duduk juga diatur sedemikian rupa,” sebut Yan Hendrik.

Dijelaskan, untuk ujian hari pertama adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn. Seluruh soal dalam bentuk objektif dan berjumlah 50 butir.

Ia menyampaikan, waktu pelaksanaan mulai pukul 07.30-11.30 WIB. Ujian akan digelar selama sepekan mendatang. “Kepada semua peserta untuk teliti dalam menjawab soal yang ada dan jangan mencontoh teman. Sebab belum pasti itu benar. Selain itu, ulangilah pelajaran di rumah. Agar ujian didapat dan nilai bagus diraih,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, menyampaikan, jumlah anak yang ikut UAS sebanyak 14.964 untuk siswa SD dan SMP berjumlah 11.646 peserta. Mekanisme pelaksanaan UAS diserahkan ke pihak sekolah masing-masing dan akan diawasi pelaksanaannya oleh majelis guru.

UAS digelar tatap muka dan dengan menerapkan prokes. Agar penularan virus tak terjadi dan keamanan terwujud.

“Kita mengimbau kepada peserta didik untuk mengikuti pelaksanaan UAS dengan baik dan ulang-ulang pelajaran di rumah. Supaya nilai yang bagus diraih dan kegagalan tak dialami,” paparnya.

Ia meminta peran wali murid dalam hal ini serta siapkan semua perlengkapannya serta bekal anak. Jangan beratkan anak dengan beban pekerjaan banyak dan kontrol waktu bermainnya.  (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional