Menu

Prokes Covid-19 sering Diabaikan Warga, Ancaman Terpapar Virus Tinggi saat di Luar Rumah

  Dibaca : 163 kali
Prokes Covid-19 sering Diabaikan Warga, Ancaman Terpapar Virus Tinggi saat di Luar Rumah
BAGIKAN MASKER— Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny.Desnadefi Gusmal menyerahkan bantuan berupa masker, beberapa waktu lalu. Desnadefi Gusmal meminta masyarakat meningkatkan gerakan memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

SOLOK, METRO
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Solok Desnadefi Gusmal meminta masyarakat meningkatkan gerakan memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19. Kesadaran dalam penggunaan masker dibutuhkan agar masyarakat waspada dan tidak meremehkan pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Hal tersebut disampaikan Desnadefi Gusmal saat  menyerahkan masker dan APD kepada Ketua TP-PKK Kecamatan Pantai Cermin untuk kader Posyandu dalam Kegiatan Gebrak Masker (Gerakan Bersama Pakai Masker). Desnadefi berharap gerakan memakai masker di masyarakat Kabupaten Solok ini bisa terus ditingkatkan.

”Saya juga mengimbau masyarakat untuk disiplin, tidak menganggap remeh Covid-19 dan tidak akan tertular kepada mereka,” ujarnya.

Desnadefi mengingatkan bahwa Covid-19 bisa menjangkiti siapa pun yang lalai terhadap protokol kesehatan, termasuk dalam mengenakan masker. Oleh karena itu, ia mengatakan, dengan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, maka akan menurunkan tingkat penularan Covid-19.

”Covid-19 tidak mengenal usia, tidak mengenal jabatan, tidak mengenal siapapun, dia hanya mengenal orang-orang yang tidak pakai masker,” tambahnya.

Adapun jumlah masker yang dibagikan sebanyak 1.000 buah masker kain, sebelumnya juga telah dibagikan kepada warga yang melintas dij alan raya Solok- Padang, hari ini secara simbolis kita serahkan masker dan APD kepada ketua PKK Kecamatan Pantai Cermin dan berlanjut ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Solok.

Adapun kegiatan Gebrak Masker merupakan program pembagian masker kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan sejak awal pandemi. Desnadefi mengatakan, selain membagikan masker pihaknya juga turut mengedukasi masyarakat untuk pentingnya penggunaan masker.

Untuk diketahui, penggunaan masker kini tak hanya disarankan untuk mereka yang sedang sakit. Semua warga yang keluar rumah diminta menggunakan masker demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Anjuran mengenai penggunaan masker bagi seluruh warga itu disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO telah merekomendasikan masyarakat agar menggunakan masker saat berada di tempat umum. Hal ini menjadi salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Masker penting digunakan semua orang saat berada di luar rumah karena banyak sekali ancaman dapat terpapar virus.

Selain masker, lanjutnya masyarakat juga diminta untuk sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer. Kemudian menjaga jarak serta menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Protokol kesehatan ini banyak yang sudah tahu tapi sering kali diabaikan. Tidak disiplin, entah teledor atau bisa jadi karena menganggap tidak serius penularan Covid-19 sehingga kasus Covid-19 meningkat akhir-akhir ini,” katanya.

Oleh karena itu, dengan adanya gerakan ini diharapkan masyarakat semakin sadar. Begitu juga bagi kader PKK Kabupaten Solok untuk sepenuhnya mensosialisasikan cara memakai masker yang benar, serta terlibat aktif dalam program ini.

Seperti kita ketahui, kasus positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Solok terus bertambah. Setidaknya sebanyak 77 masyarakat Kabupaten Solok telah terjangkit virus corona. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional