Menu

Progres Pariwisata Sijunjung Dinilai Tim PWA Sumbar 2020, Maksimalkan Pengembangan Geopark Silokek

  Dibaca : 173 kali
Progres Pariwisata Sijunjung Dinilai Tim PWA Sumbar 2020, Maksimalkan Pengembangan Geopark Silokek
PENILAIAN— Tim visitasi dan verifikasi peduli wisata award (PWA) 2020 Sumbar melakukan penilaian terhadap progres dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO
Progres pariwisata di Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Visitasi dan Verifikasi Peduli Wisata Award) tahun 2020 Provinsi Sumbar. Penilaian itu dilakukan untuk mendorong pengembangan wisata yang produktif terhadap masyarakat dan pembangunan daerah.

Di sisi lain, penilaian tersebut juga dilakukan sebagai evaluasi terhadap destinasi wisata yang telah dikembangkan di Kabupaten Sijunjung. Kegiatan itu dihadiri langsung Bupati Sijinjung Yuswir Arifin, Ketua DPRD, Bambang Surya Irwan, Sekdakan Zefnihan dan Kadis Pariwisata Sumbar dan OPD yang ada di lingkungan Pemkab Sijunjung, Jumat (25/9).

Bupati menjelaskan, pengembangan dan pengelolaan wisata terus dilakukan diantaranya, Geopark Silokek, perkampungan adat dan sejumlah destinasi lainnya. “Komitmen bahwa Sijunjung memprioritaskan pariwisata terus dilakukan. Dalam skala prioritas pembangunan daerah pun yang diangkat adalah pariwisata. Salah satu cara untuk mempercepat dorongan pembangunan daerah. Ini salah satu mimpi saya, mengingat saat ini di ujung masa kepemimpinan saya yang akan segera berakhir. Saya titipkan kepada DPRD untuk bisa melanjutkan nanti,” ujar Bupati Yuswir Arifin.

Pembangunan daerah melalui pariwisata memiliki cakupan yang luas, dengan melibatkan seluruh pihak dan dinas terkait dalam mewujudkannya. “Terutama bagaimana mengembangkan wisata tanpa merusak alam dan lingkungan,” kata Yuswir.

Kadis Pariwisata Sumbar Novrial mengatakan, penilaian PWA sudah kali keempat dilaksanakan di Sumbar, termasuk Sijunjung. “Penilaian meliputi aspek pamong, ekonomi wisata. Apakah wisata yang dikembangkan sudah berdampak pada perekonomian masyarakat dan daerah. Sejauh mana dan seperti apa pengembangannya. Ini yang akan dievaluasi dan dinilai,” jelas Novrial.

Tim penilai PWA Provinsi Sumbar itu diketuai, Prof.Dr. Ansofino (STIP PGRI Sumbar), dengan anggota, Dra. Ernawati (UNP) Dr.Indang Dewata (UNP), Dr.Syamsural (Unand), Ian Hanafiah (Arsita) dan Anggri Yulio, (STKIP PGRI-Ahli IT).

Tim penilai mengatakan, pariwisata harus melibatkan dinas terkait dalam pengembangannya. Baik itu dinas lingkungan hidup, dinas PU, Dishub, Satpol PP, Koperindag dan lainnya. Kordinasi dari semua sektor tersebut akan menghadirkan pariwisata yang produktif.

Sebuah destinasi wisata harus bisa menghadirkan transaksi ekonomi ditengah masyarakat. Artinya semua unsur pendukung untuk mendatangkan perputaran perekonomian tersebut harus disiapkan, seperti penginapan, restoran, pusat kuliner, aksek telekomunikasi, transportasi dan infrastruktur pendukung lainnya.

“Pengembangan sebuah wisata harus fokus. Apa yang diunggulkan untuk mengundang orang datang. Setelah itu baru diarahkan ke wisata yang lain sebagai destinasi pendukung lainnya,” ungkap tim penilai PWA 2020.

Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi menjelaskan. pengembangan pariwisata secara bertahap terus dilakukan. “Sejumlah tempat wisata telah dilakukan peresmian sebelumnya. Seiring dengan itu peningkatan SDM untuk pengelolaan juga disiapkan. Diantaranya pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan pelatihan seputar pariwisata kepada masyarakat,” kata Afrineldi.

“Kita fokuskan dulu untuk mempersiapkan masyarakat untuk pengembangan wisata itu sendiri. Kini kita telah memiliki 30 Pokdarwis disejumlah titik wisata dengan sasaran one village one destination (OVOD). Meski demikian, keterbatasan anggaran untuk pengembangan masih menjadi kendala,” ungkap Afrineldi.

Tim penilai juga mengapresiasi sejumlah terobosan yang telah dilakukan dalam pengembangan wisata di Sijunjung. Terutama hadirnya Geopark Silokek yang menjadikan nama Sijunjung mulai dikenal dengan destinasi wisata tersebut. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional