Menu

Programkan Satu Rumah Satu Sarjana

  Dibaca : 66 kali
Programkan Satu Rumah Satu Sarjana
Ilustrasi (foto : theoddiseyonline)

PARIAMAN, METRO – Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin, menerima kunjungan dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Andalas (UNAND) Padang, Dr. Hasanuddin. Genius Umar menyambut baik kunjungan ini, dimana Dekan FIB UNAND akan membuat kelas belajar dan kampus di Kota Pariaman, karena hal ini sejalan dengan program yang ada di Kota Pariaman.

“Kami mempunyai program Satu Rumah Satu Sarjana, dan kita telah membuat beberapa MoU dengan kampus-kampus vokasi yang bukan hanya di Sumbar saja, tetapi juga di seluruh indonesia, dengan kunjungan ini, kita juga akan membuat MoU dengan FIK UNAND, untuk membangun dan berkampus di Kota Pariaman,” ujarnya.

Pemerintah Kota Pariaman berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk generasi emas indonesia, para remaja, pemuda dan pemudi yang ada di kota Pariaman. Salah satunya menjalin kerjasama dengan beberapa kampus yang ada bukan hanya di Sumatera Barat saja, tetapi juga dari seluruh indonesia.

“Diharapkan banyak hal yang dapat kita buat untuk pelestarian budaya yang ada di Kota Pariaman, salah satunya adalah untuk membangkitkan kembali kejayaan Batik Sampan, Batik khas Kota Pariaman, yang merupakan batik pertama di Sumatera Barat,” ungkapnya.

“Kita berharap, anak-anak Kota Pariaman, mempunyai pendidikan yang tinggi, dan bekal keahlian di bidang yang mereka sukai, sehingga mereka nantinya dapat bersaing di era globalisasi saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Hasanuddin mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi Wako Pariaman yang masih muda, energik, mempunyai perhatian yang tinggi di bidang pendidikan dan punya visi yang revolusioner.

“Tidak banyak Kepala Daerah yang begitu peduli dengan konsep pendidikan dan visi setelahnya, kami akan sangat bersemangat juga untuk dapat memenuhi permintaan dari pak wali untuk membuat perjanjian kerjasama dengan Pemko Pariaman,” ucapnya.

“Banyak budaya yang ada di Kota Pariaman ini, yang harus kita pertahankan, dan benar kata pak wali, bahwa Batik yang pertama ada di Sumatera Barat dan terkenal dulunya adalah Batik Sampan, yang berasal dari Pariaman, dan kedepan kita akan bantu untuk menelusuri tentang Batik Sampan ini, serta akan membantu untuk membuat desain dan corak yang menarik,” ulasnya.

Dekan FIB UNAND ini juga didampingi Dekan II FIB, Drs. Rumbardi, M.Sc, Dosen Sastra Minang, Bahren, SS, MA dan Kasubag TU & Keuangan FIB, Ridahwatu, SE, M.Si. Hadir juga dari Pemko Pariaman, Asisten I, Noviardi, Kepala Bappeda, Fadhli, Kadis Kominfo, Hendri dan Kadis PUPR, Asrizal, dan pemerhati pariwisata dan budaya, Ferry. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional