Menu

Program Unggulan H Refrizal-Happy Neldy, Ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin jadi Ikon Utama Wisata Religi

  Dibaca : 154 kali
Program Unggulan H Refrizal-Happy Neldy, Ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin jadi Ikon Utama Wisata Religi
ZIARAH— Calon Bupati Padangpariaman, H Refrizal bersama Dahlan Iskan saat ziarah ke makam Syekh Burhanuddin pada 2013 lalu.

PDG.PARIAMAN, METRO
Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman, H Refrizal-Happy Neldy berkeinginan menjadikan kegiatan ziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Ulakan sebagai ikon utama wisata religi di Padangpariaman sepanjang tahun dan puncaknya di bulan Safar.

“Ziarah dalam ajaran Islam boleh dilakukan sepanjang tahun. Setiap hari boleh orang melakukan ziarah, namun puncaknya yaitu di bulan Safar,” ujar H Refrizal yang merupakan ketua umum Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) ini.

Program ini terang Refrizal, merupakan gagasannya bersama Happy Neldy yang merupakan paslon nomor urut tiga di pemilihan Bupati (Pilbup) Padangpariaman pada 9 Desember mendatang. “Kalau jadi ikon itu maksudnya kita undang orang untuk datang ke Padangpariaman, nanti objek wisata alam lain yang ada di Padangpariaman bisa ditawarkan di situ. Wisata alam yang ada di Padangpariaman seperti pantai, sungai, air terjun, dan makanan enaknya,” tukas wakil ketua Ikatan Keluarga Minag (IKM) ini.

Refrizal mengungkapkan, di 17 kecamatan yang ada di Padangpariaman, memiliki objek wisatanya. Mulai dari Sungai Geringging, V Koto Kampung Dalam, Padang Sago, Patamuan, Kayu Tanam dan lainnya.

“Nanti kita adakan perlombaan, anak nagari menampilkan ikon wisata nagarinya. Nanti semuanya itu jadi tempat wisata. Destinasi wisata yang utama yang kita jadikan ikon itu adalah yaitu ziarah ke makam Syekh Burhanuddin,” tandas Refrizal yang pernah menjadi anggota DPR RI tiga periode tersebut.

Dipilih ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin sebagai ikon wisata religi kata Refrizal, karena Syekh Burhanuddin ini merupakan tokoh yang menyebarkan agama Islam di Ranah Minang atau di Sumbar. Dan ini akan tetap dikenang, bahwa Syekh Burhanuddin ini sebagai salah satu pahlawan Islam dan yang menyebarkan agama Islam di Minangkabau atau Sumbar, khususnya di Padangpariaman.

Untuk menjadikan ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin sebagai ikon utama wisata religi di Padangpariaman, pihaknya akan melakukan pembenahan di kawasan itu, salah satunya memperlebar jalan. Dikarenakan jalan provinsi, nanti pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Pemprov Sumbar.

“Kita juga mengharapkan ke depan, ini tidak menjadi ikon wisata di Padangpariaman saja, namun juga untuk Sumbar, bahkan nasional,” sebut Refrizal.

Di Padangpariaman kata Refrizal, memiliki banyak objek wisata alam. Seperti, air terjun cukup banyak, sungai-sungainya bersih. Keberadaan sungai yang bersih dan jernih ini menurutnya, juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Seperti dilakukan pelepasan bibit ikan. Kita sudah membantu memberikan bibit ikan di 16 korong,” ujar Refrizal yang memiliki jaringan yang luas di tingkat nasional ini.

Refrizal dan Happy Neldy yang diusung oleh PKS dan Gerindra ini, juga memiliki program unggulan lainnya jika terpilih jadi Bupati dan Wabup di Padangpariaman. Yaitu, di bidang olahraga yaitu membangun lapangan sepakbola yang berstandar FIFA atau PSSI di 17 kecamatan yang ada di Padangpariaman.

Kemudian sebutnya, yaitu melahirkan 720 orang hafiz Alquran. Di bidang agama, yang sangat penting terangnya, yaitu gerakan subuh berjamaah, dimulai dari Bupati, Wakil Bupati, kepala dinas dan ASN.

Program unggulan kata Refrizal yaitu, menaikkan gaji guru honorer jadi Rp1 juta, membuka lapangan pekerjaan bagi 10.000 orang, mengurangi angka kemiskinan, bantuan modal usaha 3 juta. Selanjutnya, membangun jalan-jalan, jembatan dan irigasi sawah. Serta, memberikan beasiswa kepada 3 ribu siswa berprestasi dan anak-anak kurang mampu. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional