Menu

Program Tiket Gratis Padang-Mentawai-Padang, 1.100 Kuota Pemudik Disiapkan

  Dibaca : 317 kali
Program Tiket Gratis Padang-Mentawai-Padang, 1.100 Kuota Pemudik Disiapkan
Foto ilustrasi kapal penumpang. (Dok: bengkelharga)

RADEN SALEH, METRO – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbar menyiapkan program mudik gratis bagi masyarakat yang akan mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah ke kampung halaman. Dishub Sumbar telah mempersiapkan sarana angkutan berupa kapal laut.

Kepala Dishub Sumbar, Heri Nofiardi mengatakan, kapal yang disiapkan yakni, Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 68 untuk melayani rute Mentawai-Panasahan-Telur Bayur.

”Ini program mudik gratis dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Semen Indonesia dan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni),” ujar Heri, Rabu (22/5).

Untuk pendaftaran pengambilan tiket gratis, sebut Heri, dilakukan secara manual dengan mendatangi posko terpadu angkutan lebaran di Kantor KSOP Teluk Bayur. Kemudian, Gallery Balanjo CSR Semen Padang di Ramayana Plaza Andalas (PA).

“Untuk mendapatkan tiket gratis ini, persyaratannya cukup membawa KTP, bisa juga dengan KK ataupun SIM,” sebut Heri.
Jadwal keberangkatan, ujar Heri, rute dari Pelabuhan Teluk Bayur berangkat pada Minggu, 26 Mei pukul 18.00 WIB. Pada jadwal tersebut akan berlayar dari Teluk Bayur-Panasahan-Tua Pejat-Sioban-Pasapuat-Sikakap-Sinanak-Panasahan-kembali ke Teluk Bayur.

”Ada empat keberangkat, pertama sudah berjalan pada tanggal 15 Mei kemarin, lalu pada 22 Mei. Selanjutnya 26 Mei nanti, dan terakhir pada 28 Mei,” ucap Heri.

Sementara, Ketua Tim Mudik Gratis Bersama BUMN tahun 2019, Delfi Adri menyebutkan, pihaknya menyediakan kuota untuk 1.100 pemudik rute Padang-Mentawai-Padang. Ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

”Untuk tahun ini, Semen Padang bersama Pelni menyediakan satu unit kapal KM Sabuk Nusantara 68 dengan kapasitas penumpang 462 seat. Kapal ini, nantinya akan melayani empat jadwal keberangkatan mudik gratis,” terang Delfi.

Keberangkatan pertama, kata Delfi, sudah dimulai 15 Mei pukul 17.00 WIB dengan rute perjalanan dari Teluk Bayur-Sioban-Sikakap-Pasapuat-Sioban-Tuapejat-Panasahan dan kembali ke Teluk Bayur.

”Jadwal keberangkatan yang kedua, pada 22 Mei 2019 pukul 18.00 WIB dengan rute Teluk Bayur-Labuhan Bajau-Sikabaluan/Pokai-Muaro Saibi-Siberut-Pei Pei-Tuapejat-Panasahan dan kembali ke Teluk Bayur,” ujar Delfi.

Untuk jadwal keberangkatan yang ketiga 26 Mei pukul 18.00 WIB, dari Teluk Bayur menuju Panasahan-Tuapejat-Sioban-Pasapuat-Sikakap-Sinakak-Panasahan-Teluk Bayur.

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan yang keempat l 28 Mei pukul 17.00 WIB, dimulai dari Teluk Bayur-Sioban-Sikakap-Pasapuat-Sioban-Tuapejat-Panasahan-Teluk Bayur.

”Semua pemudik nantinya akan kami berikan fasilitas tiket kapal gratis, air mineral, snack, tisu, obat-obatan dan minyak angin,” kata Delfi. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional