Menu

Program Rumah tak Layak Huni, Pemkab Berikan Dana Stimulan Rp 15 Juta

  Dibaca : 121 kali
Program Rumah tak Layak Huni, Pemkab Berikan Dana Stimulan Rp 15 Juta
PELETAKAN BATU PERTAMA— Wali Nagari Koto Dalam Selatan, Masywarah melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah Yulianis, Rabu (21/10).

PDG. PARIAMAN, METRO
Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman berikan stimulan Rp 15 juta untuk bedah rumah Yulianis warga Nagari Koto Dalam, Kecamatan Padang Sago dalam program bedah rumah tidak layak huni, Rabu (21/10).

Kasi Bantuan Sosial pada Dinas Sosial Padang Pariaman, Afrizal mengatakan, bedah rumah yang dilakukan ini adalah rumah yang ke-7 dibedah oleh Dinas Sosial Kabupaten Padang Pariaman semenjak awal tahun kemarin.

Ia menyampaikan, sebenarnya pihak Dinas Sosial usulkan 40 rumah yang dibedah tahun ini, tetapi terjadi pemotongan menjadi 25 unit. Namun hanya 7 yang bisa direalisasikan karena dana dialihkan pada penanganan Covid-19. “Pada tahun 2019 lalu kita lakukan bedah rumah sampai 60 unit, dan tahun ini terjadi penurunan karena dana dialihkan,” katanya.

Sementara itu, Camat Padang Sago Syamsul Bahri mengatakan, dalam yang diberikan ini adalah stimulan atau dana awal untuk bedah rumah ini. Tentu dana itu tidak mencukupi untuk membangun rumah dari awal sampai siap, untuk itu pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut bersama-sama membantu untuk bedah rumah ini. “Mari kita sama-sama membatu untuk pembangunan rumah ini, baik itu dalam bentuk moril ataupun materil,” katanya.

Kegiatan itu juga dihariri oleh Walinagari Koto Dalam Selatan, Masyawarah. Ia mengucapkan terimaksih kepada Dinas Sosial dan pihak lain yang ikut berpartisipasi dalam proses bedah rumah warganya tersebut. “Kita ucapkan terimakasih, dan kami juga masih menerima bantuan dari pihak manapun yang ingin membantu untuk menyiapkan rumah ini,” katanya.

Ia menyampaikan, warnya Yulianis ini bersama dengan tiga orang putrinya tinggal dirumah yang hanya memiliki dinding dari terpal itu semenjak pasca gempa 2009 lalu. Pihak Nagari Koto Dalam Selatan telah mencoba mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial dan hari ini telah disetujui.

Dalam peletakan batu pertama rumah itu juga dihadiri oleh Danramil VII Koto, Kapten Infanteri Syamsurizal, dalam kesempatan itu pihaknya mengatakan akan ikut dalam pembangunan rumah yang ditargetkan bisa selesai sebelum desember mendatang.

“Saya akan tugaskan dua orang anggota saya setiap hari untuk bisa membantu dalam proses pengerjaan rumah ini hingga selesai nantinya,” katanya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional