Menu

Program Pembangunan Kependudukan, Erwin Yunaz: Kampung KB menjadi Miniatur Keterpaduan

  Dibaca : 104 kali
Program Pembangunan Kependudukan, Erwin Yunaz: Kampung KB menjadi Miniatur Keterpaduan
KAMPUNG KB— Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz berada di Kampung KB yang diharapkan menjadi miniatur.

TANJUANGPAUH, METRO
Wakil Wali Kota Payakumbuh H Erwin Yunaz menyebut kampung KB diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) perkampuangan yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan kependudukan. Tidak hanya menjalankan fungsi pengendalian reproduksi tetapi juga sebagai wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat.

”Oleh sebab itu Kampung KB ini diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) perkampungan yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis,” ungkap Wakil Wali Kota Payakumbuh H Erwin Yunaz ketika menyaksikan lansung aktivitas dan kegiatan masyarakat di Kampung KB Kelurahan Tanjuang Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, baru-baru ini.

Disampaikan orang nomor Dua di Kota City Of Randang ini, Kampung KB yang disinergikan dengan pemberdayaan masyarakat akan jadi kekuatan ekonomi keluarga yang dahsyat di tengah-tengah masyarakat. Berbagai usaha rumahan bisa dilakukan dalam menciptakan kekuatan ekonomi warga di Kampung KB.

Sesuai dengan fungsi utama keluarga seperti fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan. ”Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan Masyarakat,” ucap Erwin Yunaz, yang konsen mensupor tumbuh kembangnya IKM dan UMKM di Payakumbuh.

Dia menyebut melalui koodinasi berbagai elemen tidak terkecuali masyarakat, kedepan kampung KB Kelurahan Tanjuang Pauh, bisa bersaing ditingkat Propinsi dan Nasional dan yang terpenting mampu mewujudkan kebahagian kepada seluruh anggotanya sesuai dengan fungsi utama keluarga.

“Koordinasi persiapan penilaian Kampung KB berprestasi merupakan perwujudan dari sinergi antara beberapa kedinasan terkait dari pemerintah pusat dan daerah, mitra kerja, dan pemangku kepentingan, serta tidak ketinggalan partisipasi langsung masyarakat setempat. Semoga Kota Payakumbuh tetap menjadi yang terbaik,” harap wawako yang dinilai berhasil melahirkan Sentra Industri Rendang Payakumbuh ini.

Saat ini, disampaikan Erwin Yunaz, kampung KB di Tanjuang Pauh, memiliki usaha ekonomi dalam pemberdayaan masyarakat seperti mengembangkan kandang ayam dalam berbagai bentuk dengan menggunakan media Bambu serta keset. ”Banyak usaha kerajinan yang dilakukan di Kampung KB Tanjuang Pauh ini seperti membuat kandang ayam dan keset,” sebut Erwin Yunaz yang dikenal dekat dengan warga Kota Payakumbuh ini. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional