Close

Program KUBe Genjot Ekonomi Masyarakat Agam

BANTUAN MODAL— Dinas Sosial Provinsi Sumbar, menyerahkan kucuran dana bantuan modal usaha kepada 50 kelompok KUBe di Kabupaten Agam. (peri rahman/posmetro

AGAM, METRO – Pemerintah Kabupaten Agam terus berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai program bantuan sosial dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Salah satunya yakni, bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBe) yang merupakan program Kementerian Sosial RI.

Tahun 2019 ini melalui dana dekosentrasi Dinas Sosial Provinsi Sumbar, sedikitnya 50 kelompok KUBE di Kabupaten Agam mendapatkan kucuran dana bantuan modal usaha sebesar Rp1 miliar.

Realisasi dana tersebut diserahkan oleh Kasi Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Soedrajat kepada Bupati Agam yang diwakili Asisten Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Setda Agam, Rahman, di aula kantor Bupati Agam, Selasa (15/10) Lubuk Basung.

Kemudian, penyerahan bantuan dilanjutkan dari asisten kepada salah seorang perwakilan penerima KUBE secara simbolis. Turut mendampingi pada kesempatan itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Agam, Zulfi Ernawati.

Kasi Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Soedrajat mengatakan, bantuan ini langsung diberikan melalui rekening kelompok masing-masing.

”Bantuan ini diberikan khusus kepada warga kurang mampu yang terdaftar ke data terpadu kesejahteraan sosial. Tiap kelompok KUBE mendapatkan dana Rp20 juta,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain dana dekosentrasi Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Kabupaten Agam juga memperoleh alokasi dana Kementerian Sosial RI melalui dana APBD sebanyak Rp1,2 miliar bagi 60 kelompok KUBE atau sebanyak 600 Kepala Keluarga. Tidak hanya itu, melalui dana APBD Dinas Sosial Provinsi Sumbar, pihaknya juga mengalokasikan dana kepada kelompok KUBE, yakni di Kecamatan Palupuh 10 KUBE dengan dana Rp 200 juta dan Tanjung Mutiara tujug KUBE dengan dana Rp 140 juta.

”Jadi total bantuan bagi modal usaha ekonomi produktif di Kabupaten Agam tahun 2019 sebesar Rp 2,54 miliar lebih. Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya dalam mengurangi penentasan kemiskinan di Kabupaten Agam umumnya Provinsi Sumbar,” harapnya.

Menanggapi bantuan itu, Asisten Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Setda Kabupaten Agam, Rahman mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Sumbar dalam memajukan peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Agam.

”Kita bersyukur bisa mendapatkan bantuan modal usaha ini. Sebagai upaya kita bersama-sama dalam menentaskan kemiskinan. Terkait pengelolaan dana tersebut, melalui Dinas Sosial Kabupaten Agam atau TKSK akan melakukan pendampingan agar program ini berjalan lancar dan tepat sasaran,” ujarnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top