Menu

Program KP SPAM Berguna bagi Warga

  Dibaca : 157 kali
Program KP SPAM Berguna bagi Warga
ARAHAN—Suhatri Bur saat berikan arahan kepada ASN.

PDG.PARIAMAN, METRO
Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, rapat konsolidasi penyusunan program kerja KP-SPAMS se-Kabupaten Padangpariaman dan pengukuhan asosiasi SPAMS Saiyo Sakato Kabupaten Padangpariaman periode 2020-2023.

“Mengingatkan perlunya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya air minum dan cara pengelolaan yang baik, karena air bersih tersebut sangat penting bagi kesehatanmanusia,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat acara, kemarin.

Katanya, masyarakat tidak hanya diberikan pelayanan air minum, namun juga harus dibarengi dengan pelayanan sanitasi yang layak, karena keduanya akan berdampak kepada kesehatan lingkungan.

Dikatakan, Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) ini penting. . Artinya, betapa pentingnya keberadaan KP-SPAMS dalam mengelola keberlanjutan sarana yang dibangun melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS).

“Hal itu mengingat tugas dan fungsinya yang strategis yaitu menjaga keberlanjutan hasil program,  maka diperlukan kelembagaan yang kuat dan berkinerja baik,” ujarnya.

 Apalagi katanya, pemerintah berkomitmen untuk memberikan pelayanan air minum dan sanitasi 100 persen  bagi seluruh penduduk atau dikenal dengan Universal Access.
“Pencanangan target akses universal air minum dan sanitasi perlu didukung oleh berbagai pihak,  selain pemerintah, yaitu pemerintah daerah, swasta dan masyarakat,” ujarnya.

 Lebih jauh dikatakan, kerja sama ini perlu dilakukan karena pedanaan dari APBN sangat terbatas sehingga tidak akan mampu menutupi seluruh kebutuhan pembiayaan yang diperlukan untuk investasi pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM).

“Strategi yang perlu dikedepankan adalah kolaborasi oleh berbagai pihak yang terkait dengan program dan pendanaan bagi penyediaan air minum dan sanitasi untuk secara bersama-sama mendukung pencapaian target akses universal air minum dan sanitasi,” ujarnya.

 Untuk mendukung penyediaan layanan air minum dan sanitasi sesuai dengan target akses universal, salah satu program pemerintah yang diunggulkan untuk penyediaan layanan air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan adalah program PAMSIMAS.

“Program ini memberikan dukungan baik untuk investasi fisik melalui pembangunan sarana dan prasarana, maupun investasi non fisik dalam bentuk dukungan teknis dan peningkatan kapasitas,” ujarnya.

Suhatri Bur mengharapkan melalui sharing pengalaman tersebut, pola kemitraan dapat dikembangkan di daerah lainnya untuk mengembangkan/perluasan jaringan pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan air minum 100 persen  bagi warganya.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional