Close

Program Itsbat Nikah Disosialisasikan di Bukittinggi

SOSIALISASI— Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), melaksanakan sosialisasi soal program Itsbat Nikah.

BUKITTINGGI, METRO–Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), melaksanakan sosialisasi program Itsbat Nikah. Salah satu sosialisasi, dilaksanakan di Kampung KB Cemara Sejahtera, Kecamatan ABTB, Kamis (7/10).

PLKB wilayah Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan ABTB Riza Yusmaita menjelaskan, Itsbat nikah merupakan rangkaian dari program sekolah keluarga. Di mana, dari beberapa kali pelaksanaan inovasi Kota Bukittinggi itu didapat banyak persoalan keluarga melalui pernikahan sirih. Sehingga untuk melindungi keluarga mereka, dibutuhkan itsbat nikah.

Isbat nikah dilaksanakan untuk melindungi keluarga dan anak yang bermasalah dengan buku nikah dan akte kelahirannya. “Program tersebut menjadi salah satu kewajiban Pemko Bukittinggi dan instansi terkait dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan perlindungan hukum atas keabsahan pernikahan mereka termasuk perlindungan hukum dan hak istri dan anak dengan baik dan benar,” ujar Riza.

Dalam sosialisasi Itsbat Nikah di Kampung KB Cemara Sejahtera diberikan materi Kepala KUA Kecamatan ABTB Ifdhal. Di mana, dalam materinya, disampaikan, bahwa Itsbat Nikah adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sah-nya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum.

Ifdhal menjelaskan, terkait syarat dan rukun nikah, serta upaya menjaga pernikahan. Selain itu, juga diberikan penjelasan terkait legalisasi pernikahan, melalui Itsbat Nikah. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top