Menu

Program Goro Jumat Bersih Wujudkan Kebersihan dan Kenyamanan Lingkungan Terminal

  Dibaca : 202 kali
Program Goro Jumat Bersih Wujudkan Kebersihan dan Kenyamanan Lingkungan Terminal
Kadishub Sumbar Heri Noviardi menanam pohon pelindung di Terminal Bukit Surungan, Kota Padangpanjang.

DINAS Perhubungan (Dishub) Sumbar gelar gotong royong (goro) bersama Jumat Bersih di lingkungan Terminal Bukit Surungan Kota Padangpanjang, Jumat (3/7). Selain itu program Goro Jumat Bersih ini  dalam mewujudkan kebersihan lingkungan terminal, sehingga bersih dan nyaman. Dan Goro bersama ini tetap memperhatikan protokoler kesehatan di masa transisi pandemi Covid-19 ke tahap new normal.

“Tidak itu saja, selain aksi jumat bersih Dishub Sumbar juga akan mewujudkan terminal yang hijau dan asri, dengan menanam pohon pelindung di sekitar lingkungan terminal,” ujar Kadishub Sumbar Heri Noviardi, Rabu (8/7).

Goro Jumat bersih ini melibatkan Kepala UPTD Terminal Wilayah II Erwin Saragoza, Kepala Terminal Bukit Surungan Firman Chaniago, Kepala Terminal Koto Nan Ampek Payakumbuh Sumardi, Kepala Terminal Piliang Batusangkar Tanahdatar Jonedi. Kemudian Goro juga melibatkan warga terminal seperti agen bus dan pemilik kios yang ada di lingkungan terminal bus Bukit Surungan ini.

Serta beberapa Kasi di lingkungan UPTD Terminal Wilayah II. Di mana program ini merupakan gagasan dari Kadishub beserta Sekdishub Alfiandri, dalam upaya melakukan pemberdayaaan terhadap petugas terminal.

Selain melibatkan 5 personel ASN di lingkungan Dishub Sumbar, juga dibantu 10 petugas kebersihan terminal. Tentu semua ini tak terlepas untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahmi di lingkungan jajaran Dishub Sumbar. Kegiatan Goro Jumat Bersih yang digagas Kadishub Sumbar ini akan digilir ke semua terminal yang ada di bawah lingkungan Dishub Sumbar.

Di antaranya, UPTD Terminal Wilayah II yang terdiri dari Terminal Bukit Surungan Padangpanjang, Terminal Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh dan Terminal Piliang Batusangkar Tanahdatar. Kemudian, UPTD Terminal Wilayah I, yang dikoamnadoi Tosriadi terdiri dari Terminal Sago Painan Pessel dan Terminal Kota Sawahlunto.

Dalam kesempatan itu Kadishub Sumbar melakukan penanaman pohon pelindung di lingkungan Terminal Bukit Surungan sebanyak 10 batang bibit pohon pelindung. Penanaman pohon pelindung ini untuk mewujudkan lingkungan terminal yang hijau dan asri. Sehingga menyejukkan mata pengunjung dan warga terminal. Otomatis akan memicu suasana kerja yang nyaman. “Dengan suasana terminal yang bersih dan nyaman serta hijau ini dengan sendirinya akan meningkatkan distribusi yang masuk ke terminal,” ujar Heri.

Ditambahkan Heri, terminal medya utama pencerminan suatu daerah bagi masyarakat untuk menaiki angkutan penumpang umum. Oleh karena itu Dishub Sumbar berupaya ke depan agar sarana dan prasarana yang di terminal tersebut ditingkatkan. Kemudian, sekaligus untuk meningkatkan kebersihan dan keindahannya. “Maka melalui salah satu kegiatan Goro bersama Jumat Bersih dengan petugas  kita bakal mewujudkan kebersihan dan kenyamanan lingkungan kerja di terminal,” ujar Heri.

Dikatakan Heri, di sisi lain untuk mengintruksikan para kepala terminal agar selalu melakukan pembinaan dan pengawasannya lingkungan terminalnya. Seperti melakukan pembersihan sampah dan membuang pada tempatnya. Serta, menjaga kebetsihan WC, menjaga dan menanami tanaman hias di taman-taman terminal sehingga indah dipandang mata.  Di antaranya tidak terlepas untuk pemebinaan untuk meningkatkan disiplin tehadap ASN serta pegawai kontrak di lingkungan Dishub Sumbar. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional