Menu

Profil Peserta Euro 2020, Finlandia Sukses Catat Sejarah

  Dibaca : 133 kali
Profil Peserta Euro 2020, Finlandia Sukses Catat Sejarah
Timnas Finlandia bakal bermain di Euro 2020.

Finlandia sukses mencatat sejarah di sepak bola. Euro 2020 bakal menjadi turnamen besar pertama yang diikuti Finlandia. Sebelumnya, mereka belum pernah ambil bagian di putaran final Euro maupun Piala Dunia.

Finlandia lolos ke Euro 2020 usai menjadi runner-up Grup J di babak kualifikasi. Finlandia berada di bawah Italia, yang sangat kokoh di puncak klasemen. Italia menang dalam 10 laga yang dimainkan.

Salah satu kekuatan utama Finlandia pada fase grup yakni pertahanan. Mereka hanya kebobolan 10 gol dari 10 laga yang dimainkan. Dua kali lawan Italia, Finlandia hanya kebobolan empat gol. Masing-masing laga kebobolan dua gol.

Finlandia dilatih oleh Markku Kanerva. Ia bukan nama yang cukup familiar di pentas sepak bola Eropa. Akan tetapi, pelatih berusia 55 tahun tersebut merupakan salah satu legenda dalam sepak bola Finlandia. Dia cukup sukses ketika masih aktif sebagai pemain.

Markku Kanerva menjadi legenda bagi klub HJK Helsinki. Sepanjang karir di level klub, Markku Kanerva pernah merasakan lima gelar Liga Finlandia dan empat gelar Piala Liga Finlandia. Dia tidak pernah bermain di luar Finlandia.

Markku Kanerva mulai menjadi pelatih kepala tim senior Finlandia pada 2016, setelah sebelumnya sempat menjadi carteker. Dia menggantikan peran Mika Laurikainen. Tangan dingin Markku Kanerva membawa Finlandia lolos ke Euro 2020, pertama kali lolos ke putaran final Euro.

Jalan menuju Euro 2020 yaitu Finlandia berada di grup yang sulit pada babak Kualifikasi Euro 2020. Tergabung di Grup J, Tim Sparv dan kawan-kawan harus bersaing dengan Italia, Yunani, dan Bosnia yang di atas kertas punya kekuatan lebih baik.

Namun, Finlandia mampu mengejutkan dan lolos ke Euro 2020 sebagai runner-up Grup J. Pada klasemen akhir Grup J, Finlandia mendapatkan 18 poin, unggul empat poin dari Yunani yang berada di posisi ketiga. Italia di puncak klasemen dengan 30 poin.

Salah satu kunci sukses Finlandia lolos ke Euro 2020 adalah kuat ketika bermain di kandang. Dari lima laga kandang, mereka hanya gagal menang sekali yakni ketika melawan Italia. Itu pun kalah dengan skor yang tipis, 1-2.

Selanjutnya, Finlandia tergabung di Grup B pada Euro 2020. Bukan grup yang mudah, sebab mereka harus bersaing dengan Denmark, Rusia, dan Belgia. Tentu saja, Belgia menjadi unggulan utama dan diprediksi akan lolos dari fase grup dengan mudah.

Finlandia punya peluang mengejutkan di fase grup. Secara hitungan di atas kertas, mereka punya peluang meraih poin saat berjumpa Denmark dan Rusia. Melawan Belgia, hasil imbang sudah menjadi kejutan. (*/uki)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional