Close

Prof.Dr Saldi Isra Beri Kuliah Umum di UIN Imam Bonjol 

KULIAH UMUM— Hakim Konstitusi  (MK) Prof.Dr. Saldi Isra, SH, MPA memberikan kuliah umum di UIN Imam Bonjol, Jumat (23/9).

LUBUK LINTAH, METRO–Hakim Konstitusi  (MK) Prof.Dr. Saldi Isra, SH, MPA, menjadi pembicara dalam ke­giatan general studium yang digelar oleh Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang.

Dalam kegiatan yang ber­tajuk “Peran Mahkamah Kon­sti­tusi dalam Penyeleng­ga­raan Sistem Ketatane­ga­raan Indonesia”, mema­par­kan sejarah berdirinya Mah­kamah Konstitusi (MK). Menurutnya, MK itu instusi baru yang muncul setelah perubahan Un­dang-Undang Dasar (UUD) yang berlangsung 1999-2022.

Ia menjelaskan, perubahan tersebut dilakukan karena UUD dianggap tidak bisa menjawab berbagai kebutuhan yang telah berkembang seiring zaman. Pada kegiatan ini Saldi Isra juga memaparkan kewenangan dari MA.

“Kewenangan utama dari MK adalah untuk menguji produk Undang-Undang. Kemudian menyelesaikan sengketa antar lembaga negara,” katanya, Jumat (23/9).

Lebih lanjut, disebutkan, kewenangan ketiga dari MK ialah membubarkan partai politik dan yang keempat kewenangannya untuk menyelesaikan sengketa hasil pemilu.

“Kewenangan kelima dari MK ialah untuk memberikan penilaian apakah presiden layak diberhentikan atau tidak selama masa jabatannya,” pungkas hakim asal Sumbar ini. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top