Menu

Produksi APD dan Masker Pemprov Sumbar Libatkan Banyak IKM

  Dibaca : 364 kali
Produksi APD dan Masker Pemprov Sumbar Libatkan Banyak IKM
CONTOH APD— Kepala Disperindag Sumbar, Asben Hendri memperlihatkan contoh APD yang telah diproduksi industri kecil dan menengah (IKM) di Sumbar.

PADANG, METRO
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar saat ini menunggu data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar terkait kebutuhan masker dan alat pelindung diri (APD) cover all.

“Kita butuh data dari Dinas Kesehatan Sumbar, berapa yang butuh, hanya mereka yang tahu. Apakah kebutuhannya 50.000 unit, tentu dilihat apakah industri kecil dan menengah (IKM) di daerah ini mampu mencetak 50.000 unit. Kita butuh cepat data berapa kebutuhannya,” ujar Kepala Disperindag Sumbar, Asben Hendri, Jumat (27/3).

Asben menambahkan, karena kebutuhan APD cover all dan masker ini mendesak dan butuh dalam jumlah yang cukup banyak, maka untuk pengadaannya menggunakan sistem padat karya dengan melibatkan banyak IKM.

“Mekanismenya nanti penunjukan langsung dan sudah dikomunikasikan dengan Biro Aset. Bisa kontrak dengan satu pelaku, tetapi dia melibatkan orang banyak juga nantinya, dengan sistem padat karya,” ujarnya.

“Harapan kita, dengan adanya IKM yang memproduksi APD cover all dan masker ini, maka aktivitas IKM yang tidak menerima penghasilan, dengan adanya produksi APD cover all dan masker ini, maka mendapat penghasilan,” harapnya.

Dalam persiapan produksi APD cover all dan masker ini, dengan adanya mekanisme penggeseran anggaran, menurut Asben, pihaknya sedang berkonsultasi dengan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Sumbar. Namun, memang yang penting itu lagi-lagi data total kebutuhan APD cover all dan masker ini.

“Pelaku IKM kita siap untuk itu. Pelaku IKM sudah ada yang bikin contohnya, dengan kualitas standar yang telah direkomendasikan Dinas Kesehatan Sumbar,” terangnya.

Untuk APD cover all, ada yang beratnya 75 gram, ada yang 100 gram. APD cover all yang akan diproduksi nanti, yang biasa dipakai rumah sakit, yakni yang 75 gram. Namun, tergantung permintaan dari Dinkes juga nantinya.

Sedangkan bahan dasar APD cover all nantinya, berupa spunbond atau kain sintetis sekali pakai. Untuk bahan baku dasar tersebut, Asben menjadi stoknya masih aman. “Bahan baku aman. Namun, dengan kondisi semua orang membutuhkan bahannya, makanya perlu cepat. Biar kita siap eksekusi secepatnya,” tegasnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional