Menu

Produk Asal Sumbar Berpeluang Tembus Pasar Afrika

  Dibaca : 71 kali
Produk Asal Sumbar Berpeluang Tembus Pasar Afrika
ZOOM MEETING— Gubernur Sumbar Mahyeldi mengikuti zoom meeting membahas potensi ekspor ke Afrika.

PADANG, METRO–Produk asal Sumatera Ba­rat berpeluang menembus pasar negara-negara Benua Afrika karena dinilai memiliki kualitas yang bisa bersaing dan kedekatan sejarah. “Saat ini produk kita sudah cukup banyak ke Afrika. Namun kita terus berupaya agar jum­lahnya bisa terus meningkat,” kata Gubernur Sumbar, Mah­yeldi saat mengikuti zoom meeting “Potensi Ekspor ke Afrika dan negara lainnya” di Padang, Kamis (8/7).

Produk asal Sumbar yang diekspor itu diantaranya Cas­siavera ke Aljazair, Cengkeh ke Nigeria, tepung kelapa ke Maroko, CPO ke Tanzania dan Kenya dan beberapa produk lain.

Ke depan, Pemprov Sum­bar berupaya untuk terus meningkatkan jenis produk dan jumlah yang akan diek­spor diantaranya dengan pendekatan “sister city”.

Gubernur mengatakan beberapa kota di Sumbar sudah memiliki hubungan baik dengan daerah di Afrika dan Timur Tengah seperti di Maroko.

Pendekatan tersebut dini­lai bisa memberikan ruang untuk saling memahami k­e­unggulan produk dan kebu­tuhan masing-masing dae­rah. Hal itu akan membuka kemungkinan perdagangan.

Sumbar juga memiliki Pe­la­buhan Teluk Bayur yang bisa dimanfaatkan menjadi gerbang Indonesia bagian Barat untuk ekspor.

Sementara itu Kuasa Usa­ha ad interim Kareem International, Yusra Khan menga­takan sebagai warga Minang­kabau ia juga berharap bisa memberikan sumbangsih untuk kemajuan daerah de­ngan membantu perdagang­an ekspor produk Sumbar ke negara-negara Afrika.

   Ia mengatakan dalam beberapa hal, Indonesia ter­masuk Sumbar memiliki kede­katan yang lebih baik diban­dingkan Afrika dengan Eropa. Misalnya dari segi kuliner.

Menurutnya ada kede­katan rasa kuliner antara randang dari Sumbar dengan kuliner di Afrika bagian Timur.

Kedekatan itu adalah po­ten­si yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin dan me­ning­katkan perdagangan antara dua daerah.

Ia mengatakan Afrika a­da­lah daerah yang sedang tumbuh. Ke depan pereko­nomiannya akan semakin baik karena itu sejak awal Sumbar harus bisa meman­faat­kan hal itu.

CEO Kareem Internatio­nal, Isnandar mengatakan berdasarkan pengama­tan­nya beberapa tahun berki­prah dalam perdagangan internasional, rendahnya tingkat ekspor Indonesia b­u­kan karena tidak memiliki produk tetapi tidak memiliki pedagang di luar negeri.

Hal itu yang mendo­rong­nya mendirikan perusahaan khusus untuk ekspor ke Af­rika.  “Kami berharap bisa membantu daerah termasuk Sumbar untuk mengekspor produk ke Afrika,” kata­nya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional