Menu

Pria yang Tidur di Trotoar Jakarta Diantarkan Andre Rosiade ke Padang, Bakal Diberikan Modal Usaha

  Dibaca : 169 kali
Pria yang Tidur di Trotoar Jakarta Diantarkan Andre Rosiade ke Padang, Bakal Diberikan Modal Usaha
PULANGKAN KE PADANG— Tim Andre Rosiade mengantarkan Ujang (47) yang sempat ditemukan tidur di trotoar Jakarta ke Kota Padang, Sabtu (24/7).

SAWAHAN METRO–Pria asal Kota Padang, Sumbar yang sempat viral karena  tidur di trotoar Jakarta, Ujang Arianto (47) akhirnya sampai di kampung halamannya, Sabtu (24/7) siang. Dia dipulangkan tim Anggota DPR RI Andre Rosiade dengan penerbangan melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Meski belum bertemu langsung keluarganya, Ujang sudah bisa tersenyum karena bertemu orang yang sangat dikenalnya.

Ya, Ujang dipertemukan oleh warga Kota Padang dengan teman lamanya di Kawasan Sawahan, Padang Timur, Kota Padang. Hanya berjarak tembok dengan SPBU Sawahan, Tim Andre Rosiade mengantarkan Ujang ke tempat teman lamanya, Erwin (47). Erwin adalah sahabat, sekaligus pemilik tempat terakhir dia bekerja saat di Padang yaitu di bengkel motor di Jalan Imam Bonjol, Pasar Raya Padang.

Erwin sempat terkejut melihat kedatangan men­dadak dua mobil di depan bengkelnya. Tak berupa lama, beberapa anggota Tim Andre Rosiade meng­hampiri tempat usahanya itu karena membawa te­man lamanya yang hilang 19 tahun silam.

“Ya, dia ini adalah te­man saya sejak kecil, dulu dia sempat bekerja di beng­kel bersama saya sekitar tahun 2002. Namun dia sempat hilang dan dua bulan kemudian dite­mu­kan. Tapi akhirnya dia hi­lang lagi dan baru saya lihat sekarang. Memang, dia sering seperti ini,” ujar Erwin.

 Erwin menambahkan, waktu hilang pertama dia ditemukan sedang me­mungut puntung rokok. Na­mun dia ingat Ujang per­nah bercerita bahwa orang tuanya sudah meninggal di Jakarta dan akhirnya dia tinggal bersama sau­dara­nya.  “Saudaranya juga akhirnya ditinggalkannya dan sempat juga dinya­takan hilang,” cerita Erwin.

 Erwin mengatakan Ujang merupakan anak bungsu kesayangan orang tuanya hingga membuat Ujang sangat tertekan akan kepergian kedua orang tuanya.  “Kami banyak berterima kasih kepada Pak Andre Rosiade dan tim atas semua bantuannya. Sampai mengeluarkan bia­ya yang banyak. Saya doa­kan Pak Andre mendapat rezki lebih,” kata Erwin yang terlihat sangat akrab dengan Ujang.

Erwin mengatakan, se­men­tara dia mencari kem­bali rumah orang tua Ujang di Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, dia akan menampung Ujang tinggal bersamanya. “Dia masih ada saudara di Ja­karta, tapi mungkin hidup­nya susah juga. Biarlah dengan saya di sini. Dia kawan saya sejak kecil,” kata Erwin lagi.

 Ujang sendiri terlihat cukup senang dan nyaman usai bersama Erwin yang dianggapnya sebagai sau­dara sendiri. “Terima kasih adik-adik telah mengan­tarkan kami ke sini. Terima kasih juga pak Andre Rosia­de, sudah membawa saya kembali ke Padang. Meski saya lupa dimana rumah dan keluarga, tapi dengan Erwin saya ingat,” katanya kepada tim Andre Rosiade yang datang dari Jakarta dan Kota Padang.

 Tim Andre tidak mele­pas Ujang begitu saja ber­sama Erwin. Tanpa ragu, tim memberikan dua paket sembako agar kebutuhan Ujang bisa terpenuhi untuk beberapa hari. “Ketua An­dre Rosiade juga siap mem­berikan bantuan usa­ha untuk Ujang. Mungkin lebih cocok untuk Erwin, agar mereka bisa hidup lebih baik,” kata wakil Ben­dahara DPD Gerindra Sum­bar Zulkifli yang mem­bantu mencarikan keluar­ga Ujang di Kota Padang.

Seperti diketahui Ang­gota DPR RI asal Sum­bar Andre Rosiade membiayai pemulangan seorang pria Penyandang Masalah Ke­se­jahteraan Sosial (PMKS) asal Padang. Ujang Arianto sempat viral di media so­sial karena terlunta-lunta di trotoar Jakarta.  Sebelum tiba di Padang, Ujang telah mendapatkan vaksinasi Coviv-19 dan tes Polyme­rase Chain Reaction (PCR) terlebih dahulu.

“Kemarin beliau su­dah divaksin dan di-PCR terle­bih dahulu sebelum kita pulangkan ke Padang. Dan alhamdulillah kini beliau sudah sampai Padang,” ungkap Andre.

 Andre menjelaskan, bahwa Ujang tidak sen­dirian pulang ke kampung halamannya. Dia didam­pingi oleh timnya dan para pengurus DPD Partai Ge­rin­dra Sumbar. “Beliau (Ujang) tidak sendirian, ada tim kami yang men­dam­pingi,” tutur­nya.

Andre yang juga meru­pakan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu men­jelaskan selain membiayai kepulangan Ujang ke kam­pung halaman, dirinya juga akan memberikan bantuan modal usaha kepada Ujang. Bantuan itu dise­rah­kan sesampainya nanti di Kota Padang.

 “Melihat situasi dan kondisi pak Ujang, tentu kami akan memastikan modal usaha itu di tangan yang tepat. Kalau benar temannya ini yang akan merawatnya, kita akan be­ri­kan. Yang jelas tim ka­mi tidak mengantar begitu saja, tapi akan berupaya agar pak Ujang tak kembali terlantar di jalanan,” ujar Andre yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Sebelumnya, Ujang dike­tahui dibawa petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Selatan usai fotonya diunggah di media sosial dan jadi perhatian warganet. Menurut peng­ung­gah foto, Ujang sudah hampir satu tahun tidur di trotoar di sekitar jalan tersebut.

 Pengunggah foto juga menuliskan hampir tiap malam ia bertemu Ujang tidur di trotoar sekitar ko­long jembatan layang Jalan Raya TB Simatupang, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional