Menu

Pria Bertato Kedapatan Menjarah Sarang Walet

  Dibaca : 57 kali
Pria Bertato Kedapatan Menjarah Sarang Walet
MENCURI-Polisi melakukan pemeriksaan terhadap pelaku bernisial LP (28) warga Lubuk Basung Kabupaten Agam yang kedapatan mencuri sarang walet.

PARIAMAN, METRO – Saat sedang asik melakukan pencurian sarang walet, pria bertato yang satu ini dipergoki oleh pemilik dan Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Pariaman di lantai 4 gedung walet di Pondok Indah Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sabtu (12/1) pukul 04.00 WIB. Pelaku yang sudah dikepung , hanya bisa pasrah dan dengan mudah ditangkap.

Setelah ditangkap, pelaku yang diketahui berinisial LP (28) warga Lubuk Basung Kabupaten Agam langsung digiring ke Polsek Pariaman untuk menjalani pemeriksaan intensif terkait kejahatan yang dilakukannya tersebut. Selain menangkap pelaku, di lokasi petugas juga menyita barang bukti berupa satu karung sarang walet hasil curiannya yang hendak dibawa kabur pelaku.

Informasi yang dihimpun, ditangkapnya pelaku beraawal dari pemilik sarang wallet Zulkardi (48) mendatangi lokasi untuk mengecek kondisi gedung walet miliknya. Setiba di lokasi, ia mendapati kunci pintu sudah terbuka dan dirusak. Bahkan pintu tidak bisa lagi dibuka karena pelaku mengikatnya dari dalam menggunakan kabel. Curiga telah terjadi pencurian, korban langsung mendatangi Polsek Pariaman melaporkan kejadian tersebut.

Setelah dilaporkan, korban bersama polisi datang ke lokasi dan melakukan pengintaian. Setelah satu jam menunggu, polisi bersama korban langsung masuk ke dalam gedung dan melakukan penyisiran di dalam gedung. Alhasil, pelaku ditemukan di lantai 4 sedang asik memanen sarang walet milik korban. Saat itu juga pelaku bersama barang bukti langsung diamankan.

Kapolsek Pariaman Kompol Adang Saputra membenarkan pihaknya menangkap seorang pelaku spesialis pencurian sarang walet yang kedapatan sedang melakukan aksi pencurian di dalam gedung walet milik korban. Saat dilakukan penangkapan, pelaku tidak melakukan perlawanan, apalagi pelaku sudah dikepung dan tidak ada lagi tempat pelaku untuk kabur.

“Pelaku kita tangkap di lantai 4. Saat dilakukan penangkapan, pelaku hanya seorang diri. Dari cara kerjanya, pelaku ini memang terbilang profesional melakukan aksi pencurian sarang walet. Dapat diakatakan pelaku ini memang spesialis pencurian sarang walet. Pelaku bisa masuk ke dalam gedung itu setelah merusak pintu gedung menggunakan alat atau perkakas yang memang sudah dipersiapkannya,” kata Kompol Adang.

Kompol Adang menambahkan saat ini pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus. Hal ini dilakukan untuk mengungkap adanya dugaan pelaku lain yang terlibat atau gedung sarang walet lainnya yang juga dijarah oleh pelaku. Selain itu, pihaknya juga masih menelusuri siapa yang akan menampung dari hasil curian pelaku.

“Kasus ini masih akan kita dalami dan kembangkan. Barang bukti yang kita sita berupa satu karung sarang walet serta peralatan untuk membuka paksa pintu gedung. Atas aksi pencurian itu, korban ditaksir menderita kerugian hingga Rp 25 juta. Terhadap pelaku akan kita jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman diatas lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional