Close

Pria Asal Pekanbaru Tipu Karyawan Toko di Kecamatan Nang­galo, Beraksi di 3 TKP, Modusnya Telepon Pemilik

PENIPU— Rudi Mulyadi yang menipu karyawan toko dan beraksi di tiga TKP berbeda diamankan Tim Klewang Polresta Padang.

PADANG, METRO–Seorang warga Pekan­baru, Provinsi Riau di­aman­­kan Tim Klewang Sat­reskrim Polresta Padang lantaran melakukan peni­puan terhadap karyawan konter pulsa “Sang Pange­ran Cell” Jalan Raya Site­ba, Kelurahan Surau Ga­dang, Kecamatan Nang­galo.

Hebatnya, pelaku ber­nama Rudi Mulyadi (47) ini menjalankan aksinya de­ngan modus mengaku se­bagai teman dekat pemilik konter. Untuk meyakinkan karyawan konter itu, pela­ku pun berpura-pura me­nel­pon pemilik konter lalu meminta uang kepada ka­ryawan konter.

Lantaran percaya be­gitu saja, karyawan konter pun mengambil uang Rp 1,6 juta dari laci meja kasir dan menyerahkannya ke­pada pelaku. Setelah men­dapatkan uang itu, pelaku pun langsung melarikan diri dari lokasi.

Namun, karyawan toko yang merasa curiga de­ngan tindak tanduk pelaku, mencoba menanyakan ke­pada pemilik toko apakah mengenali pelaku, namun pemilik toko mengaku tidak kenal. Sadar dirinya telah ditipu, karyawan serta pe­milik toko akhirnya mela­porkan kejadian tersebut ke Polresta Padang.

“Pelaku akhirnya ber­hasil kami tangkap saat bera­da di kosan temannya da­erah Jati IV, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Pa­dang Timur Kota Padang pada Senin (14/2) malam. Penangkapan pelaku ber­kat adanya rekaman CCTV di toko,”ujar Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda, Selasa (15/2).

Dikatakan oleh Rico, tidak hanya sekali, bahkan pelaku telah melakukan penipuan sebanyak tiga kali dengan modus yang sama. Aksi pertama yang dilakukan oleh pelaku ter­jadi pada hari Kamis (10/2) sekitar pukul 13.37 WIB bertempat di konter pulsa “Sang Pangeran Cell” Ja­lan Raya Siteba, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo.

“Pelaku mendatangi konter pulsa dan bertanya kepada karyawan konter dimana pemilik konter tersebut. Kemudian pelaku berpura-pura menelepon pemilik kedai dan meminta meminta uang sebesar Rp 2 juta kepada karyawan atas seizin pemilik konter,­”ujar Rico.

Dilanjutkannya, karya­wan konter yang percaya kemudian mengambilkan uang di laci meja dan menghitung jumlah uang yang ada sebanyak Rp 1,6 juta dan memberikan kepada pelaku. Usai menerima uang tersebut pelaku langsung pergi meninggalkan konter.

“Setelah pelaku pergi, karyawan konter langsung menghubungi pemilik dan menanyakan apa memang benar teman pemilik toko yang datang meminta uang tersebut dan pemilik toko mengatakan bahwa orang tersebut bukan temannya. Atas kejadian tersebut korban melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Pa­dang guna proses hukum lebih lanjut,”lanjutnya.

Kemudian lanjut Rico, pada hari yang sama sekitar pukul 19.45 WIB, pelaku melancarkan aksinya dengan modus yang sama di Toko Cettar Way Japan S. Parman, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Pa­dang Utara.

“Di toko ini pelaku berhasil menipu korban dewan mengaku kepada karya­wan toko sebagai teman dari pemilik toko dan berhasil membawa kabur uang ­Rp 1,3 juta ,” kata Rico.

Selanjutnya, aksi serupa juga dilakukan oleh pelaku pada hari Jumat (11/2) sekitar pukul 19.50 WIB di toko MC Malay Jalan Hiligoo, Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Pa­dang Selatan. Pelaku mendatangi toko dan menanyakan berapa jumlah uang yang ada di kasir kepada karyawan toko. Kemudian pelaku berpura-pura menelepon pemilik toko meminta karyawan toko mengambilkan dua buah tas merk Louis Vuitton warna hitam dan coklat dan dua buah jam merk Gucci.(rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top