Menu

Presiden RI Berkurban untuk Masyarakat Sumbar, Siapkan Seekor Sapi Simental dengan Berat 1,2 Ton

  Dibaca : 233 kali
Presiden RI Berkurban untuk Masyarakat Sumbar, Siapkan Seekor Sapi Simental dengan Berat 1,2 Ton
SAPI KURBAN— Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi (kanan) saat meninjau sapi kurban pilihan Presiden RI.

PADANG, METRO–Presiden RI, Joko Wido­do (Jokowi) kembali ikut berkurban untuk masya­rakat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hij­riah/2021. Kali ini, Jokowi me­nyumbangkan sapi kur­ban jenis simental seberat 1,2 ton. “Benar, Presiden kembali berkurban untuk masyarakat Sumbar. Sapi kurbannya jenis simental seberat 1,2 ton,” ujar Ke­pala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Erinaldi, Kamis (15/7).

Dikatakannya, sapi kur­ban jenis simental itu be­rasal dari Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Ka­mang, Kabupaten Agam. “Sapi kurban ini milik pe­ternak warga Nagari Ga­dut, Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten A­gam,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Eri­naldi, sapi kurban Presiden Jokowi ini telah melewati verivikasi dari tim yang ditugaskan memilihkan sapi kurban untuk Presiden RI.

“Ada beberapa ekor sapi yang diusulkan dalam pemilihan untuk Presiden, dan setelah dilakukan ve­rivikasi maka terpilih sapi dari peternak Nagari Gadut ini, karena lebih unggul dibandingkan sapi dari daerah lain di Sumbar,” tuturnya.

Sambungnya, berda­sarkan verifikasi sapi kur­ban dari peternak Nagari Gadut ini lebih unggul de­ngan hasil analisis Labor Balai Veteriner. Hasil anali­sisnya menunjukkan hasil negatif terhadap penyakit berbahaya seperti anthrax dan brucellosis.

“Bahkan sapi warga Gadut ini tidak ditemukan cacing jenis apa pun, se­hingga sapi ini sangat layak terpilih jadi hewan kurban orang nomor satu di re­publik ini,” pungkas­nya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional