Menu

Presiden Minta Waspadai Lonjakan Kebutuhan ICU

  Dibaca : 130 kali
Presiden Minta Waspadai Lonjakan Kebutuhan ICU
Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan (KSP)

JAKARTA, METRO–Kepala Staf Ke­presi­denan (KSP) Moeldoko me­ngatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) me­merin­tahkan jajarannya untuk mengantisipasi lonjakan tingkat ketersedian dan keterisian ICU di luar Pulau Jawa.

“Presiden meme­rin­tah­kan pada sidang kabinet untuk mewaspadai ICU-ICU yang ada di luar Pulau Jawa,” ujar Moeldoko di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (6/8).

Mantan Panglima TNI ini menuturkan, peme­rin­tah juga telah merespons me­ngenai keluhan RS di daerah yang kekurangan ICU untuk pasien Covid-19. Seperti penambahan dan pembanguan ruang ICU.

Hal ini menurut Moel­doko menjadi salah satu prioritas pemerintah agar pasien Covid-19 bisa men­dapatkan perawatan ICU saat ada di RS.

“Soal ketersediaan ICU dan seterusnya itu menjadi sebuah persoalan pada saat puncaknya, dan ba­nyak orang yang antri di ICU. Apa yang terjadi seka­rang? Pemerintah telah melakukan sebuah gera­kan yang sangat cepat dan masif,” katanya.

Bahkan Moeldoko meng­­klaim, selain di RS Da­ru­rat Wisma Atlet daerah lain yang telah ditambah dan dibangun ICU di RS. Misalnya seperti di Ban­dung, Yogyakarta, Sura­baya, Medan, dan Lam­pung.

“Ini jumlahnya cukup banyak ICU yang di­ba­ngun,” katanya.

Moeldoko mengaku pe­me­rintah tidak ingin ketika ada pasien Covid-19 yang harus mendapatkan pera­watan. Namun malah me­ngan­tre di ruang ICU. Se­hingga Presiden meminta penambahan dan di­bangun­nya ruang ICU.

“Merujuk dari penga­la­man yang lalu, banyak pasien yang harus antre di ICU, maka Menteri PUPR diperintahkan oleh Pre­siden untuk segera. Ini sedang berjalan, enggak begitu lama selesai,” ung­kapnya. (jpg/*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional