Menu

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo

  Dibaca : 105 kali
Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo
Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga diajang Olimpiade Tokyo tahun-2021Kamis 8 Juli di Halaman Depan Istana Merdeka.

JAKARTA , METRO–Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kon­tingen Indonesia yang a­kan berlaga di ajang Olim­piade Tokyo tahun 2021. Acara pelepasan dilakukan di halaman Istana Mer­deka, Jakarta, pada Kamis, 8 Juli 2021, dengan mene­rapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan diha­diri undangan yang sangat terbatas.

Dalam arahannya ke­pada para atlet dan ofisial yang hadir baik secara langsung maupun secara virtual, Kepala Negara me­ngatakan bahwa per­siapan kontingen Indonesia untuk menghadapi O­lim­piade Tokyo telah dila­kukan se­cara maksimal. Menu­rut­nya, para atlet juga telah bekerja keras untuk me­ningkatkan pres­tasinya.

“Saya telah mempe­roleh laporan, tadi sudah disampaikan juga oleh Pak Menpora, bahwa yang be­rangkat adalah 28 atlet, 17 ofisial dari 8 cabang olah­raga. Cabang atletik, pana­han, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar. Su­dah sepenuhnya siap ber­tanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara dan saya yakin in­syaallah perjuangan sau­dara-saudara akan menda­patkan hasil,” ujar Pre­siden.

Oleh karena itu, Presi­den berpesan kepada para atlet agar terus menjaga kesehatan, stamina, dan motivasi mulai hari ini sam­pai ke puncak pertandingan nantinya. Presiden juga meminta agar para atlet bisa fokus pada per­tan­dingan dan prestasi di Olimpiade Tokyo nanti se­hingga bisa pulang dengan membawa kebanggaan ba­gi rakyat, bangsa, dan negara.

“Rakyat menaruh hara­pan besar kepada sau­dara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan men­­jadi prestasi negara kita Indonesia. Selamat men­jalankan amanah be­rat ini, rakyat menunggu sau­da­ra-saudara kembali ke Tanah Air dengan mem­bawa me­dali yang mem­banggakan Indonesia. Se­moga per­juangan sau­da­ra-saudara berhasil,” tan­das­­nya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Men­pora) Zainuddin Amali da­lam laporannya mengata­kan, Olimpiade Tokyo akan berlangsung pada tanggal 23 Juli sampai 10 Agustus 2021. Kontingen Indonesia yang terdiri atas 28 atlet dan 17 ofisial tersebut akan dipimpin oleh Chef de Mission Rosan Roeslani.

“Hasil dari kualifikasi ini melebihi dari target di da­lam rencana awalnya ha­nya dapat memberang­katkan 22 atlet karena si­tuasi pandemi Covid-19, tetapi karena usaha dan kerja keras kita bisa mem­be­rangkatkan 28 atlet,” ujar Menpora.

Menpora juga melapor­kan bahwa seluruh atlet, ofisial, dan tenaga pen­dam­ping yang akan be­rangkat menuju Olimpiade Tokyo telah divaksin Covid-19 pada tanggal 26 Februari lalu.

Untuk diketahui, acara pelepasan kontingen ini juga dihadiri secara lang­sung oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission Rosan Roeslani. Hadir juga empat orang perwakilan atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo yakni Alviyanto Ba­gas Prastyadi (panahan), Arif Dwi Pangestu (pana­han), Aflah Fadlan Prawira (renang), dan Windy Can­tika Aisah (angkat besi).

 Selain itu, acara pe­lepasan juga diikuti oleh para atlet, ofisial, dan ketua umum induk cabang olah­raga secara virtual dari sejumlah tempat antara lain di Hotel Aston, Hotel Mulia, pelatnas dayung Pangalengan, pelatnas se­lancar Bali, pelatnas angkat besi di Mess Kwini dan Hotel Century.(*/hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional