Menu

Presiden Jokowi Bakal Buka Munas V APKASI

  Dibaca : 161 kali
Presiden Jokowi Bakal Buka Munas V APKASI
Presiden Jokowi Bakal Buka Munas V APKASI

JAKARTA, METRO
Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) akan menggelar musyawarah nasional (Munas) V pada Jumat 26 Maret 2021.

Munas dijadwalkan dibuka langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun tema munas kali ini “Penguatan Kapasitas Daerah dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah dan Swasta serta Dukungan Kebijakan yang Berpihak”.

“Munas bakal dibuka pak Presiden Jokowi di Istana Merdeka,” kata Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang, Rabu (24/3).

Musyawarah 5 tahunan ini digelar secara hybrid di Hotel Indonesia Kempinski dan virtual dari kabupaten masing-masing.

Kata dia, di antara agenda Munas ini adalah, laporan pertanggungjawaban, program kerja strategis dan penyempurnaan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga.

Munas juga akan memilih ketua umum APKASI baru. Sejak 2019, asosiasi itu dipimpin Bupati Banyuwangi Azwar Anas sebagai ketua umum menggantikan Mardani H Maming yang mundur dari jabatannya Bupati Tanah Bumbu saat itu.

“Ketua umum terpilih akan dikukuhkan Mendagri Tito Karnavian,”ujarnya.

Sarman mengatakan, jelang munas sudah digelar kegiatan pra munas berupa diskusi panel menghadirkan narasumber Dirjen Perimbangan Keuangan – Kementerian Keuangan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Kamis 18 Maret 2021.

Sebelumnya, Sarman menyebut, hingga saat ini baru satu bupati yang mendaftar sebagai calon ketua umum, yaitu Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. “Yang sudah mendaftar baru pak Sutan Riska. Beliau juga sudah bertemu dengan Pak Mensesneg,” ujarnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional