Close

Presiden Jokowi Apresiasi World Heritage Sawahlunto

KEGIATAN JKPI— Presiden RI Joko Widodo berfoto bersama sambil berjalan dengan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dalam acara Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), di Istana Bogor, Sabtu (4/12).

SAWAHLUNTO, METRO–Kota Sawahlunto disebut berulang ulang tiga kali sekaligus dipuji Presiden RI Joko Widodo atas keberhasilannya dalam mendapatkan penga­kuan sebagai ‘World Heritage’ dari UNESCO dan memperoleh kepercayaan sebagai ibu kota warisan sejarah dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dari Kota Bogor, Sabtu (4/12) mengatakan, Presiden Jo­kowi memuji Kota Sawahlunto dalam sambutannya, saat menerima rombongan perwakilan JKPI yang datang ke Istana Bogor untuk menyerahkan peng­hargaan Anugerah Bakti Utama Pusaka.

“Kami tadi mendampingi Ketua Presidium JKPI bapak Bima Arya menyerahkan Anu­gerah Bakti Utama Pusaka untuk presiden. Menyambut ka­mi, Presiden menyampaikan beberapa pesan untuk merawat kota/kabupaten pusaka, termasuk dalam kesempatan itu Presiden menyebut nama Kota Sawahlunto sebanyak tiga kali,” kata Deri Asta.

Wali Kota menyebutkan, Presiden Jokowi bisa dikatakan sudah akrab dengan Kota Sa­wahlunto sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo karena pada masa itu bersama dengan Wali Kota Sawahlunto masa jabatan 2003-2013 almarhum Am­ran Nur mendirikan JKPI.

“Dalam salah satu pertemuan JKPI yang diselenggarakan di Kota Sawahlunto, Presiden Jokowi yang di saat itu menjabat Wali Kota Solo ikut hadir. Jadi bapak presiden sejak dulu sudah mengenal kota tua Sawahlunto,” sebut Wali Kota Deri Asta.

Wali Kota Deri Asta menambahkan, bahwa Presiden berpesan kepada kepala daerah kabupaten dan kota pusaka agar melakukan kreasi dan inovasi dalam mengemas wari­san heritage menjadi daya tarik bagi wisatawan dan millenial (generasi muda). Namun, tentunya kreasi dan inovasi tersebut tidak boleh menganggu apalagi menghilangkan unsur orisinal/otentik dari kota tua atau kota pusaka yang ada.

“Kita di Kota Sawahlunto tentunya telah dan terus akan berkomitmen menjalankan pesan dari bapak Jokowi itu. Buktinya, bagaimana Pemkot dan masyarakat bersinergi dalam menjaga dan merawat kota tua (heritage) adalah penghargaan Pratistha Pusaka Award 2021 dari JKPI yang merupakan apresiasi terhadap kota/kabupaten dalam melestarikan nilai heritage (kota tua),” ujar Deri Asta.

Wali Kota kemudian menceritakan bahwa salah satu pendiri JKPI selain bapak Joko Widodo adalah Wali Kota Sa­wahlunto masa jabatan 2003-2013 yaitu almarhum bapak Amran Nur, sehingga sejak dahulu Kota Sawahlunto su­dah berkontribusi dalam me­rawat kota pusaka di Indonesia. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top